DKP Bersama PKK Gelar Lomba Masak Serba Ikan

DKP Bersama PKK Gelar Lomba Masak Serba Ikan (arief/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Timur menggelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Ruhui Rahayu lantai 1 Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (24/10/2019) dirangkai Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PM-TAS)

Selain itu, DKP mengadakan bazar di Halaman Kantor Gubernur Kaltim dan penyerahan penghargaan Adi Bhakti Pratama.

Kegiatan ini dibuka Plt Sekdaprov Kaltim H Muhammad Sabani mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor. Hadir istri Gubernur Kaltim, Hj Norbaiti Isran Noor dan istri Wagub, Erni Makmur Hadi Mulyadi serta Kepala DKP Provinsi Kaltim M Riza Indra Riadi.

Dalam sambutannya, Sa'bani mengapresiasi kerjasama DKP dan PKK Kaltim untuk memperkenalkan ikan sebagai komoditas utama makanan bagi kesehatan.

Lomba-lomba masak serba ikan ini mulai disemarakkan dalam upaya edukasi kepada masyarakat. Khususnya anak-anak menjadi penggemar makan ikan.

"Kaltim sebenarnya salah satu produsen ikan terbesar. Kebutuhan ikan kita relatif cukup, Namun olahan ikan belum begitu banyak yang dihasilkan,” ungkapnya.

Prospek pengolahan ikan bisa menjadi komoditi andalan untuk ekspor dan konsumsi. Karena ikan cukup berlebih, Sebagain bisa diekspor para pengusaha/produsen dan sebagian untuk kebutuhan di daerah serta konsumsi

Sementara Kepala DKP Kaltim Riza Indra Riadi mengungkapkan kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat tentang manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak.

“Supaya masyarakat suka makan ikan, maka kita harus mempersiapkan ikannya. Ini perlu dorongan pengusaha dan petani ikan tambak maupun kolam. Juga tangkap maupun budidaya untuk lebih memacu produksi ikan," ujarnya.

Selain itu, seiring ditetapkannya ibu kota negara. Maka akan banyak datang masyarakat luar ke Kaltim. Tentu harus menyiapkan pangan guna memasok kebutuhan pangan supaya Kaltim betul-betul mandiri dan berdaulat.

Sementara Kepala DKP Kaltim Riza Indra Riadi mengungkapkan kegiatan dapat mengedukasi masyarakat tentang manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak.

“Kegiatan ini memberikan informasi terkait mengolah makanan berbahan baku ikan. Sekaligus mengembangkan budaya makan ikan kembali ke meja makan keluarga. Semoga tumbuh dan berkembang usaha-usaha kuliner berbahan baku ikan,” terangnya.(ayu/yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation