DPMPD Minta Pemdes Laksanakan Pola PKT

Jauhar Efendi

SAMARINDA - Pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat desa di Kaltim diharapkan dapat menyambut baik kebijakan pemerintah yang mewajibkan pelaksanaan kegiatan pembangunan desa menggunakan pola Padat Karya Tunai (PKT). 

Kepala DPMPD Kaltim HM Jauhar Efendi mengatakan melalui program PKT masyarakat akan terlibat langsung dalam pembangunan desa. Dengan demikian, suksesnya pembangunan desa tergantung dari masyarakat yang bekerja. "Inilah yang diharapkan pemerintahan Presiden Jokowi agar dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat betul-betul terwujud," kata Jauhar Efendi di Samarinda, Senin (23/7).

Karena itu, sesuai monitoring DPMPD baru-baru ini banyak masyarakat desa merasa senang dengan program tersebut. Kedepan diharapkan program serupa terus dilaksanakan sehingga daerah, terutama pinggiran dan desa semakin maju dan masyarakat sejahtera. Misal, pembangunan irigasi pertanian dan jalan produksi masyarakat desa. "Kalau ini bisa dilaksanakan dengan baik. Maka penyerapan anggaran desa semakin bagus," jelasnya. 

Hal ini pun yang telah dilaksanakan masyarakat di Desa Tuana Tuha, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara melibatkan masyarakat melalui Pola PKT. Masyarakat mampu membangun semenisasi halaman rumah pintar dengan menggunakan dana desa. (jay/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait