DPTPH Bagikan Bibit Cabai. Pacu KRPL Untuk Gertam

ist

SAMARINDA - Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikuktura (DPTPH) Kaltim melaukan penyerahan tanaman Cabai dalam polybag secara simbolis untuk anggota kelompok KRPL (kawasan rumah pangan lestari).

Diakui Plt Kepala DPTPH Kaltim Uni Gamayati adalah tahap penumbuhan 2017/2018 sebagai realisasi dari kegiatan gerakan tanam (Gertam) Cabai bantuan pemerintah pusat melalui Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI tahun 2019. 

"Semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan masyarakat. Selain menggalakkan Gertam Cabai juga meningkatkan kegiatan KRPL," harap Uni saat secara simbolis di Kelompok Wanita Tani/KRPL Barokah Kecamatan  Sambutan Samarinda, Jumat (6/12/2019).

Menurut Uni, kegiatan Gertam Cabai yang diprogramkan pemerintah lebih diprioritaskan kelompok wanita yang dilakukan di pekarangan rumah sesuai semangat KRPL

Cabai ujarnya, komoditi strategis dan memiliki nilai ekonomi tinggi serta tidak bisa diganti komoditi lain. Karena produksi Cabai tidak merata sehingga harga turun naik akibatnya terjadi inflasi.

"Gertam Cabai ini salah satu upaya kita memberdayakan masyarakat. Sekaligus mendukung program pemerintah dalam menstabilkan harga Cabai penyumbang inflasi," ujar Uni.

Dirinya sangat berharap masyarakat penerima bantuan bibit Cabai mengoptimalkan pemanfaatan pekarangannya. Serta memelihara tanaman ini dengan baik agar terus berproduksi.

Total bibit Cabai dalam polybag yang dibagikan kepada anggota kelompok KRPL tahap penumbuhan 2017/2018 sekitar 5.000 polybag.  

Dibagikan tersebar ke19 kelompok KRPL dengan rata-rata penerima 25-30 orang per kelompok. Masing-masing anggota kelompok mendapat 10 polybag bibit Cabai.

Selain penyerahan bibit Cabai juga penyerahan Persetujuan Pendaftaran Pangan Segar Asal Tumbuhan dari Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Provinsi Kaltim kepada PPAH Purwosari Kelurahan Makroman untuk produk dagang Beras Sehat.

Kegiatan dihadiri Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian Kota Samarinda, BPTP,  PPL wilayah Kelurahan Sindang Sari dan Kecamatan Sambutan serta jajaran DPTPH Kaltim.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation