DPTPH Gandeng Gojek, Mudahkan Masyarakat Belanja di TTIC

Ist

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikuktura (DPTPH) bermitra dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa dalam upaya mengoptimalkan peran Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center (TTIC). 

"Kita memanfaatkan layanan aplikasi Gojek dalam rangka penyediaan jasa belanja pangan dan distribusi pangan pada Pasar Mitra Tani," kata Plt Kepala DPTPH Kaltim Dadang Sudarya di ruang kerjanya, Selasa (19/5/2020).

Kerja sama ini lanjut Dadang, dalam rangka memasuki Ramadan dan menghadapi Idul Fitri 1441 H. Yakni berpartisipasi dalam penanganan masyarakat terdampak Covid-19 terkait penyediaan dan distribusi kebutuhan 11 bahan pangan pokok. 

"Kebetulan secara nasional kita diminta komitmen pada 18-22 Mei melakukan operasi pasar atau Gerakan Pasar Murah. Kaltim sendiri sudah melaksanakan satu bulan lalu," ujar Dadang. 

Dalam kegiatan Gerakan Pasar Murah ini, DPTPH menggandeng Gojek guna memudahkan masyarakat melakukan pembelian bahan pokok pangan, khususnya dua komoditas utama (bawang merah dan gula pasir) dari empat komoditas utama yang diawasi pemerintah (minyak goreng, gula, bawang merah dan beras). 

Untuk pembelian di TTIC milik DPTPH berada di Jalan PM Noor Samarinda ini, masyarakat (pembeli) cukup menghubungi Gojek untuk membeli dua komoditas utama atau pun 11 komoditas lainnya dengan nilai transaksi minimal kisaran Rp150.000 hingga Rp200.000.

"Jadi masyarakat cukup menghubungi Gojek untuk berbelanja sesuai pesanan pembelian. Ini free of charge (gratis) atau bebas ongkos kirim (ongkir). Sebab biaya ongkir kami subsidi atau dibayar pemerintah," jelas Dadang. 

Pola transaksi di Pasar Mitra Tani secara online melibatkan Gojek sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat tidak perlu datang berkerumun berbelanja di TTIC. 

"Harga yang dijual sama dengan harga distributor atau harga stabil. Jadi, masyarakat tidak perlu datang. Cukup pesan lewat Gojek. Barang langsung dikirim tanpa ongkir," ungkap Dadang. (yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait