Dukung Pembangunan Lingkungan Berkelanjutan

SAMARINDA - Pembangunan yang dilaksanakan di semua sektor pada hakekatnya merupakan perubahan ke arah yang lebih maju, dengan tujuan menyejahterakan masyarakat secara keseluruhan dengan tetap menjaga keberlanjutan sumber daya alam (SDA) sehingga tidak berdampak negatif terhadap kehidupan sosial, lingkungan dan kesehatan masyarakat.

"Salah satu visi Kaltim Maju 2018 adalah mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berperspektif perubahan iklim dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Oleh karena itu Dinas Kehutanan sangat mendukung pembangunan lingkungan yang berkelanjutan," kata Kepala Dinas Kehutanan Kaltim H Wahyu Widhi Heranata, Kamis (19/5).

Isu lingkungan hidup, lanjut Wahyu Widhi merupakan salah satu aspek yang penting dan tak terpisahkan dalam pembangunan Kaltim ke depan. Lingkungan hidup perlu dikelola secara baik dan bertanggung jawab agar tetap lestari guna mendukung kehidupan masyarakat Kaltim serta mahluk hidup lain. Terpenting adalah pelestarian ketersediaan SDA sehingga menjamin pasokan bahan baku pembangunan.

Visi Kaltim Maju harus mampu mewujudkan terkendalinya pemanfaatan keseluruhan SDA secara bijaksana dan kelestarian fungsi lingkungan hidup, terlindunginya wilayah daerah dari pencemaran dan perusakan lingkungan hidup, serta terwujudnya kebijakan pemerintah daerah yang berwawasan lingkungan dalam mendukung pembangunan lingkungan berkelanjutan dan partisipasi aktif masyarakat dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

"Kita akan mewujudkan lingkungan hidup yang bersih, sehat, rapi, hijau dan indah sesuai prinsip pengelolaan lingkungan hidup. Melestarikan dan mengembangkan kemampuan fungsi lingkungan hidup sebagai sumber penyangga kehidupan bagi manusia, dengan terus melaksanakan program one man five trees," jelasnya. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
LENSA KALTIM MAJU
LENSA KALTIM MAJU

12 September 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Masyarakat Diminta Gunakan Masker
Masyarakat Diminta Gunakan Masker

21 September 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

Government Public Relation