Dukungan untuk Trans Studio Terus Mengalir

Dukungan untuk Trans Studio Terus Mengalir

SAMARINDA-Obyek wisata hiburan dan taman bermain dalam ruangan, Trans Studio akan segera menjadi kenyataan. Dukungan untuk pembangunan taman bermain dalam ruangan terbesar di Kaltim itu terus mengalir. Pemprov dan DPRD Kaltim sudah menegaskan dukungan, sementara Pemkot dan DPRD Samarinda pun telah mengamini rencana tersebut.    

“Kami telah mendengar dan menyaksikan paparan Direktur PT Trans Corp Edy Tidharso tentang master plan pembangunan obyek wisata hiburan ini. Semua memberikan dukungan untuk rencana tersebut," kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak usai melakukan pertemuan dengan manajemen PT. Trans Corp, di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (25/6).

Setelah pertemuan tersebut, Pemprov Kaltim dan Pemkot Samarinda akan menunggu hasil dari tim legal yang akan membahas implementasi kerjasama pembangunan tersebut.

Meski memberikan dukungan, DPRD Kaltim dan Kota Samarinda tetap berharap agar koordinasi dan komunikasi secara konsisten dilakukan khususnya menyangkut  studi kelayakan rencana pembangunan tersebut. Standarnya harus tetap mengacu pada aturan pemanfaatan aset pemerintah daerah.

“BPKP Kaltim juga kita undang agar dapat mengawal proses pembangunan Trans Studio ini. Jadi, semua sudah setuju,” tegas Awang.  

Persyaratan terkait analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) pun harus disiapkan secara matang. Begitu pula lalu lintas di sekitar lokasi pembangunan harus disiapkan secara matang pula agar kelak tidak justru menimbulkan kemacetan.

Sementara untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kemacetan di sepanjang Jalan Dr Soetomo, Jalan Pahlawan dan Jalan Bhayangkara, pemerintah berencana melakukan pelebaran jalan. 

“Pelebaran jalan poros menjadi tanggung jawab pemerintah, sedangkan Trans Corp bertanggung jawab membangun jalan di lokasi pembangunan Trans Studio,” jelasnya.

Untuk urusan parkir, PT Trans Corp berencana membangun gedung parkir berkapasitas 1.000 unit kendaraan roda dua dan empat. 

Direktur PT Trans Corp Edy Tidharso menegaskan bahwa pembangunan Trans Studio di Kaltim tetap di Samarinda dengan perencanaan yang telah mereka siapkan. Edy menegaskan, prinsipnya, Trans C orp tidak akan menyusahkan daerah dan masyarakat dalam setiap pembangunan yang mereka lakukan.

“Yang jelas, Trans Corp selalu bekerja untuk tidak mempersulit orang lain. Mengenai masterplannya memang masih dikoordinasikan lebih rinci lagi, sehingga pembangunan tersebut betul-betul baik dan bermanfaat bagi masyarakat. (jay/sul/hmsprov)

Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Ketua DPRD Kaltim H Syahrun (tiga dari kiri), Direktur PT Trans Corp Edy Tidharso dan Wawali Samarinda Nusyirwan Ismail (kanan). (fajar/humasprov)

 

Berita Terkait