Duta Besar Jepang Kunjungi Kaltim


SAMARINDA -  Duta Besar Jepang untuk Indonesia Mr Yasuaki Tanizaki mengunjungi Kaltim dalam rangka menjajaki kerjasama di berbagai bidang. Dalam kunjungannya kali ini, Yasuaki Tanizaki  diterima Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Sekprov Kaltim H Ichwansyah dan sejumlah kepala dinas dan kepala biro.
Gubernur menyambut baik tawaran kerjasama yang disampaikan  Duta Besar Yasuki Tanizaki. Rencana kerjasama yang akan dibuka antara lain pembangunan  kawasan industri yang tersebar di beberapa wilayah Kaltim, yakni kawasan industri Buluminung di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan kawasan industri Kariangau di Balikpapan. Demikian juga Kawasan I Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan  (KEK-MBTK) di Kutai Timur maupun di Bontang,
Selain kerjasama bidang industri, juga ditawarkan kerjasama bidang pendidikan dengan pertukaran pelajar, maupun  peningkatan SDM lainnya, kemudian bidang kesehatan, pertanian maupun bidang lainnya.      
"Diharapkan kunjungan kerja Duta Besar Jepang ke Kaltim  untuk menjajaki  hubungan kerjasama  yang selama ini terjalin  dengan baik, misalnya pertukaran pelajar agar bisa terus dilanjutkan dengan kerjasama di bidang lainnya," kata Awang Faroek Ishak.
Sementara itu, Mr Yasuaki Tanizaki mengatakan tujuan kunjungan kerja di Kaltim adalah untuk memperarat hubungan kerja sama antara Jepang dan Kaltim  yang sebelumnya sudah dilakukan seperti kerjasama proyek LNG dan lainnya.
"Apa yang telah ditawarkan Pemprov Kaltim terkait pembangunan kawasan industri itu kemungkinan akan ditindaklanjuti dengan mendatangkan investor ke Kaltim. Apalagi Kaltim menjamin keamanan dan stabilitas dalam berinvestasi. Oleh karena itu pertemuan dengan Gubernur Kaltim ini tentu sangat positif," paparnya. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation