Edy Gunawan Areq Lung (Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kaltim)

Hargai dan Hormati Leluhur

 

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawan dan para pendahulu atau leluhurnya. Berkaitan dengan itu, tentu Kaltim pasti juga memiliki sejarah tentang para pahlawan dan leluhur daerah ini. Salah satunya Sultan Aji Muhammad Sulaiman.

Jika melihat sejumlah Bandara di provinsi lain, banyak yang menambahkan nama dengan tokoh pejuang atau leluhur yang berkaitan dengan sajarah sebuah daerah. Contohnya Bandara Sultan Hasanuddin Makassar atau Bandaran Soekarno Hatta Cengkareng. Saya heran, mengapa Sultan Aji Muhammad Sulaiman kemudian diperdebatkan ketika akan abadikan sebagai nama Bandara di Balikpapan.

Meski begitu, nama Sepinggan tetap dimasukkan dan tidak dihilangkan. Karena nama Sepinggan itu adalah berbicara tentang bagian dari kebersamaan masyarakat di daerah. Karena itu, mari kita dengarkan suara orang daerah.

Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kaltim, tidak perlu kita permasalahkan. Artinya, mari kita kembali pada sejarah, yaitu bangsa yang besar adalah bangsa yang tahu menghormati pahlawan dan leluhurnya.

Berita Terkait
Government Public Relation