FKUB Berperan Ciptakan Kerukunan Nasional

FKUB Berperan Ciptakan Kerukunan Nasional

TENGGARONG -  Jajaran forum kerukunan umat beragama (FKUB) baik provinsi maupun kabupaten dan kota bisa meningkatkan koordinasi serta dan kerjasama dengan pemerintah daerah melalui instansi terkait dalam upaya terciptanya kerukunan nasional di daerah.

Harapan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak itu disampaikan Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim H Bere Ali pada Rapat Koordinasi FKUB se-Kaltim di Pendopo Rumah Jabatan Wakil Bupati Kutai Kartanegara, Kamis (20/8).

Menurut dia, FKUB di daerah dinilai sangat penting dan sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan pembangunan di bidang keagamaan. Utamanya, meningkatkan partisipasi umat dalam pembangunan dan terwujudnya kerukunan antar umat beragama.

Selain itu, meningkatkan wawasan dan pemahaman tentang perkembangan situasi bangsa dan negara dalam pelaksanaan tugas. Utamanya memelihara Kamtibmas guna terciptanya kondisifitas daerah yang terus terjaga dan terpelihara.

“Peran FKUB termasuk pula peran lembaga-lembaga keagamaan serta para pemuka agama, hendaknya dapat memberikan pengertian, pemahaman kepada umatnya tentang bagaimana seharusnya membina kehidupan beragama dan bermasyarakat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur mengingatkan di Kaltim akan digelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di sembilan kabupaten dan kota yang waktunya dijadwalkan pada 9 Desember 2015.

Perbedaan pandangan politik dan dukungan terhadap calon bupati atau walikota tidak bisa dihindari baik secara perseorangan maupun kelompok, sehingga perlu kewaspadaan dari semua warga masyarakat agar perbedaan tidak berdampak negatif bagi ketenteraman.

Gubernur meminta jajaran FKUB bisa memberikan pengertian kepada masing-masing konstituennya bahwa perbedaan yang terjadi pada pesta demokrasi hanya bersifat sementara dan setelah usai Pilkada dengan terpilih pimpinan baru semuanya harus bersatu membangun daerah.

“Dalam beberapa bulan ke depan akan terjadi peningkatan suhu politik. FKUB terus melakukan koordinasi terkait berbagai hal yang mungkin terjadi dan dicari upaya pencegahan sehingga pesta demokrasi Pilkada serentak di Kaltim berjalan lancar,” harapnya.(yans/adv)

Berita Terkait
Government Public Relation