Forum CSR untuk Kesejahteraan Rakyat

Forum CSR untuk Kesejahteraan Rakyat

 

SAMARINDA- Pemprov Kaltim menilai dana tanggung jawab sosial atau coorporate social responsibility (CSR) yang diberikan perusahanaan kepada masyarakat di wilayah operasionalnya perlu dikelola secara terpadu, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Artinya, pengelolaan CSR tersebut perlu adanya forum yang bertugas mengelola itu, sehingga forum CSR dianggap perlu dibentuk agar program CSR tersebut bersinergi dengan program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Hal ini kami anggap perlu dibentuk, agar masyarakat sekitar merasakan manfaat keberadaan perusahan diwilayahnya. Karena ketahanan perusahaan ditentukan ketahanan masyarakat,” kata Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali, dikonfirmasi di Samarinda, Jumat (31/7).

Masalah kesejahteraan sosial jika terjadi kesenjangan antar kelompok tentu dapat menyebabkan kecemburuan sosial. Solusinya harus ditanggulangi dengan baik agar tidak menyebabkan terjadinya perlawanan dari kaum bawah terhadap yang diatasnya atau antara masyarakat kurang mampu dengan pemerintah maupun perusahaan.

Karena itu, permasalahan itu tidak bisa hanya mengandalkan program penanggulangan kemiskinan yang dialokasikan pemerintah. Tetapi, butuh keterlibatan sektor swasta melalui dana CSR yang dimiliki.

“Di provinsi lain sudah ada Forum CSR. Pelaksanaannya terpadu dengan program pemerintah sehingga pencapaian target-target penanggulangan kemiskinan lebih cepat dan lebih maksimal,” jelasnya.

Dengan adanya forum tersebut, CSR yang dikeluarkan perusahan dapat dirasakan dengan baik oleh masyarakat secara merata. Kemudian program yang dilaksanakan pun diharapkan lebih tepat sasaran.

“Program CSR harus dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat. Misal, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan,” jelasnya.(jay/hmsprov)

Berita Terkait