Kalimantan Timur
Forum Diskusi Ormas Kaltim. Sa’bani: Penting dan Strategis

Ist.humaskaltim

SAMARINDA - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim HM Sa’bani resmi membuka Forum Diskusi Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kaltim, di Ballroom Crystal Hotel Mercure Samarinda, Senin (29/3/2021).

 

Forum diskusi dengan format dialog ini mengangkat tema "Terjalinnya Sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan Organisasi Kemasyarakatan di Kalimantan Timur",  Acara dihadiri Kepala Badan Kesbangpol kabupaten/kota se-Kaltim dan pengurus ormas di Kaltim. 

 

Sa’bani menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya Forum Diskusi Ormas ini. Dirinya menganggap forum ini bersifat penting dan strategis dalam terwujudnya ketertiban dan keamanan serta suasana kondusif untuk mendukung pelaksanaan pembangunan di Kaltim. 

 

“Ormas banyak berkembang, perannya sangat penting sekali untuk bagaimana merekatkan komponen-kompenen di masyarakat, baik organisasinya itu sendiri ataupun di kalangan masyarakat. Melalui ormas sebagai mitra pemerintah, kita harapkan bisa mengeliminir potensi-potensi konflik sehingga tidak ada riak-riak yang membesar sehingga tidak menimbulkan friksi di masyarakat,” ungkap Sa’bani.  

 

Menurut dia, melalui ormas di bawah koordinasi Badan Kesbangpol kabupaten/kota dan provinsi minimal mampu meredam, mendamaikan, menjaga, memelihara persatuan dan kesatuan di daerah. Mengingat di era globalisasi persoalan bangsa semakin kompleks, di tengah kompetisi global jangan sampai terhanyut dan terpancing dengan isu memecah belah yang dihembuskan oleh oknum tertentu karena tidak memiliki jati diri yang kuat. 

 

“Seluruh ormas melalui peranannya masing-masing agar bisa berpendapat atau bersuara yang sejuk baik di media mainstream, media online, media sosial, sehingga menimbulkan suasana yang aman dan nyaman di lingkungan masyarakat,” pesannya. 

 

Kepala Badan Kesbangpol Kaltim Sufian Agus mengatakan Forum Diskusi Ormas Kaltim ini digelar dalam rangka menyamakan persepsi antar ormas agar lebih berperan aktif dalam pembangunan Kaltim. 

 

“Kita juga ingin mendorong ormas sebagai mitra pemerintah untuk berpartisipasi aktif  memberdayakan masyarakat dalam pembangunan di seluruh wilayah Kalimantan Timur,” kata Sufian Agus.  

 

Pada kesempatan ini, HM Sa’bani juga melaunching program Si Itik Si Naon Paritik (Sistem Informasi Politik dan Fasilitasi Layanan Online Bagi Partai Politik” yang merupakan bagian dari Aksi Perubahan Kinerja Organisasi Badan Kesbangpol Kaltim untuk meningkatkan pelayanan kepada partai politik. (her/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait