Gubernur: Sultan Kutai Dukung Otsus

Perjuangan Kaltim Tuntut Otonomi Khusus

SAMARINDA – Dukungan terhadap tuntutan otonomi khusus (Otsus) ternyata bukan hanya datang dari kalangan pemuda maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM), namun Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Aji Salehuddin II juga menyatakan dukungan.

Hal ini disampaikan Sultan ketika Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berkunjung ke Istana Kesultanan Kutai, di Tenggarong baru-baru ini. Awang mengatakan bagi hasil kepada Kaltim hanya 15,5 persen untuk minyak bumi dan 30,5 persen untuk gas bumi.

Berdasarkan UU 33/2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Kondisi tersebut tidak adil, karena Pemerintah Aceh dan Papua yang menikmati bagi hasil 70 persen dari hasil minyak dan gas bumi.

“Saya sudah bertemu dengan Sultan Kutai baru-baru ini dan beliau mendukung penuh perjuangan Kaltim untuk otonomi khusus. Apalagi, tuntutan ini merupakan keinginan masyarakat Kaltim,” kata Awang Faroek Ishak pada malam resepsi HUT ke-58 Provinsi Kaltim, di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jumat malam (9/1).

Menurut Awang, dukungan Sultan itu karena melihat kondisi lingkungan di daerah semakin mengkhawatirkan atau rusak berat. Kayu habis, hutan gundul, erosi dan longsor di mana-mana, termasuk kerusakan pada sejumlah daerah aliran sungai (DAS).

Begitu juga mengenai tambang batu bara, karena lebih banyak dikuasai pengusaha dari luar Kaltim bahkan juag orang asing,  sementara pengusaha dari Kaltim bisa dihitung dengan jari.

“Dari kondisi tersebut apa yang kita dapatkan, di mana-mana terjadi kerusakan lingkungan. Bahkan ibu pertiwi pun menangis jika melihat kondisi tersebut,” tegasnya.

Karena Sultan juga telah mendukung perjuangan ini, Awang mengajak seluruh rakyat Kaltim, khususnya komponen masyarakat, terutama Pangdam VI Mulawarman, Danrem 091/ASN, Kapolda Kaltim, Bupati/Walikota se Kaltim, Ketua DPRD Kaltim, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se Kaltim, perwakilan OKP yang betul-betul memiliki komitmen sama untuk kompak. Bahkan para akademisi dari Universitas Gajah Mada (UGM) mendukung memperjuangkan Otsus.

“Bukan hanya para tokoh tersebut, senior politisi PAN Amien Rais juga sangat mendukung apa yang diperjuangkan rakyat Kaltim untuk menuntut Otsus. Saya yakin perjuangan ini akan berhasil, jika semua komponen kompak,” tegasnya.(jay/sul/es/hmsprov) 

/////FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Aji Salehuddin II.(dok/humasprov)

 
Berita Terkait
Government Public Relation