Gubernur Buka Jembatan Idaman Yang Dinantikan

dok.humasprovkaltim

SAMARINDA - Kamis, 02 Januari 2020 menjadi hari bersejarah bagi masyarakat Kalimantan Timur khususnya Kota Tepian Samarinda. Jembatan Mahakam IV akhirnya dibuka untuk umum pada pukul 23.00 Wita. 

Uji coba open traffic jembatan yang sangat ditunggu-tunggu pengoperasiannya oleh masyarakat Samarinda ini, ditandai dengan syukuran dan penekanan thematic ligthing (lampu tematik) yang menghiasi jembatan dengan bentang utama sepanjang 220 meter ini oleh Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor pada pukul 20.45 Wita dan Gubernur Isran Noor mengungkapkan Jembatan Mahakam IV sudah sangat lama diimpikan dan diidamkan masyarakat Samarinda, terutama sejak mulai dibangunnya pada 2012. Namun sempat mengalami keterlambatan karena defisit APBD Kaltim pada 2015-2017. 

"Semoga ini membawa dan meningkatkan berkah bagi masyarakat Samarinda dan Kalimantan Timur. Sarana dan prasarana infrastruktur yang telah berhasil dibangun supaya dijaga dan dirawat," pesan orang nomor satu di Benua Etam ini. 

Jembatan Mahakam IV merupakan pendamping dari Jembatan Mahakam yang sudah berusia lebih 30 tahun, dibuka secara terbatas untuk kendaraan roda empat (maksimal 8 atau 10 ton) dan roda dua dengan jalur satu arah dari Samarinda Kota menuju Samarinda Seberang. Untuk jalur kendaraan roda empat selebar 7 meter. Sedangkan jalur kendaraan roda dua selebar2,25 meter yang terdapat di dua sisi (kiri dan kanan) jalur kendaraan roda empat. 

Tampak hadir Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo, Kajati Kaltim Chaerul Amir, Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim Soetoyo, Wakil Walikota Samarinda HM Barkati, Kapolres Samarinda Kombes Plt Sekprov Kaltim HM Sa'bani, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Abu Helmi, Kepala Dinas PUPR HM Taufik Fauzi, Ketua TP PKK Hj Norbaiti Isran Noor, pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim, pimpinan forum-forum mitra pemerintah, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait