Gubernur Buka Turnamen Futsal KNPI dan Hipmi Kaltim

Gubernur Buka Turnamen Futsal KNPI dan Hipmi Kaltim

 

SAMARINDA-Sebanyak 52 tim futsal yang terdiri dari 44 tim putra dan delapan tim putri siap berkompetisi selama tiga hari kedepan (19-21 September), guna memperebutkan Piala Gubernur Kaltim 2014 dalam Turnamen Futsal Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kaltim, dengan total hadiah sebesar Rp50 juta. Turnamen ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di Lapangan Futsal Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Jumat (19/9).

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan turnamen gelaran KNPI dan Hipmi Kaltim ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat ditiru untuk bisa diselenggarakan semua pemangku kepentingan di bidang olahraga. Jika saat ini KNPI dan Hipmi yang menyelenggarakan, ujar dia, maka dikemudian hari pemangku kepentingan lainnya bisa melaksanakan kegiatan serupa, tidak hanya futsal tetapi cabang olahraga lainnya. 

"Tujuannya tidak hanya meraih prestasi tetapi juga membina mental generasi muda agar terus melakukan kegiatan positif sehingga tidak terjerumus pada perilaku menyimpang, seperti penyalahgunaan narkoba ataupun seks bebas," kata Awang Faroek.

Khusus penyalahgunaan narkoba, menurut dia, harus mendapatkan perhatian lebih karena Kaltim saat ini menduduki peringkat ketiga nasional untuk kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Untuk itu, lanjut dia, KNPI dan Hipmi Kaltim sebagai wadah bersatunya pemuda dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat harus mempelopori ini.

"Tidak boleh ada lagi pemuda kita yang terjerat atau terperangkap dalam penyalahgunaan narkoba. Ini merupakan tanggung jawab kolektif. Pemuda harus ikut memikul tanggung jawab ini," jelasnya

Selain itu, Awang Faroek menambahkan program KNPI dan Hipmi Kaltim harus disinkronkan dengan program dan kegiatan pemerintah. Untuk bidang olahraga, dirinya meminta agar KNPI dan Hipmi dapat mendukung upaya pemerintah dalam mempertahankan prestasi Kaltim pada pelaksanaan PON XIX 2016 di Jawa Barat. Terlebih, sebut dia, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bersama KONI Kaltim telah menandatangani kesepakatan bersama agar prestasi olahraga Kaltim lebih baik lagi.

"Salah satunya adalah dengan memaksimalkan pemanfaatan fasilitas olahraga khususnya eks PON, untuk kegiatan keolahragaan, baik untuk pembinaan atlit, kejuaraan daerah ataupun kegiatan lainnya," pungkasnya.

Turnamen futsal KNPI dan Hipmi Kaltim 2014 ini diawali dengan pertandingan eksebisi antara Tim SKPD Pemprov yang diperkuat Karo Humas dan Protokol S Adiyat, Kadispertan Ibrahim, Kadistamben Amrullah, Karo Perlengkapan Fathul Halim dan Kepala Kantor Satpol PP Hasanuddin, melawan Tim Panitia Pelaksana Turnamen.

Hadir pada kesempatan ini, Pelaksana Tugas Sekprov Rusmadi, Kadispora Kaltim Fachrudidin Japrie, Ketua Hipmi Kaltim Dayang Donna Faroek dan Sekretaris KNPI Kaltim. (her/sul/hmsprov)

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Panitia Futsal Open Tournamen. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation