Gubernur Isran Noor Meminta Penyuluh Jangan Pernah Rendah Diri

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor

SAMARINDA - Dedikasi atau percaya diri dan loyalitas serta semangat kerja wajib dimiliki setiap abdi negara. Tidak terkecuali para Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

Hal itu diungkapkan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor saat menjadi keynote speaker pada Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), Jumat (28/6/2019).

Menurut dia, PKB/PLKB memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam upaya  pengendalian penduduk. Termasuk pembentukkan ketahanan keluarga. "Penyuluh dan petugas KB jangan pernah merasa rendah diri. Tapi harus percaya diri. Apa yang dilakukan untuk kebaikan orang lain," kata Isran Noor.

Para petugas KB lanjutnya, harus memiliki keyakinan diri bahwa pekerjaan yang dilakukannya memberi manfaat baik bagi masyarakat. Isran memberikan contoh pengalaman dirinya saat bertugas menjadi penyuluh lapangan pertanian selama belasan tahun. Bahkan, pernah berjalan kaki berkilo-kilo meter demi menemui petani.

Baginya, bekerja sebagai penyuluh pertanian membangkitkan semangat diri dan bangga. Sebab, ilmu yang ditularkan kepada petani membuahkan hasil dan dinikmati orang lain. "Bekerja pasti ada tantangan. Wajib kita bangga tapi bukan menyombongkan diri. Sebab pekerjaan yang dilakukan memberikan hasil bagi orang lain. Itulah pentingnya dedikasi dan loyalitas tinggi dalam bekerja," tegas Isran Noor. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation