Gubernur: Mari Bangun Kaltim Lebih Baik Maju dan Sejahtera

Malam Anugerah Kaltim 2014

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengungkapkan Malam Anugerah Kaltim 2014 merupakan momentum yang sangat penting  mengawali babak baru kepemimpinannya selaku Gubernur bersama Wagub Mukmin Faisyal untuk periode 2013-2018.
“Sudah barang tentu, momentum ini sangat berarti dalam upaya meneguhkan tekad dan semangat dalam membangun Kaltim yang lebih baik, maju dan sejahtera, dengan melihat berbagai keberhasilan sektor-sektor dan bidang pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota se-Kaltim, SKPD, serta instansi dan lembaga terkait lainnya di Kaltim selama setahun yang lalu,” ungkap Gubernur dalam sambutan tertulis yang disampaikan Wagub Mukmin Faisyal pada Malam Anugerah Kaltim 2014, di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Rabu (8/1) malam.
Untuk diketahui, selama ini capaian keberhasilan pembangunan di Kaltim dapat dilihat dari indikator makro ekonomi dan kesejahteraan rakyat melalui angka pertumbuhan ekonomi yang pada triwulan I 2013 sebesar 3,50 persen, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang terus meningkat dan diperkirakan sampai Desember 2013 mencapai Rp447,62 triliun.Selanjutnya, tingkat inflasi sampai Juni 2013 sebesar 4,10 persen, penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) 8,87 persen pada Februari 2013, penurunan persentase penduduk miskin 6,06% di 2013.
Kemudian Angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai indikator peningkatan kualitas sumberdaya manusia juga meningkat, menempati urutan kelima tertinggi nasional dengan nilai 76,22 atau di atas IPM Nasional sebesar 72,77.
Selain itu, keberhasilan pembangunan di Kaltim juga karena adanya dukungan investasi yang terus meningkat. Hingga Oktober 2013 investasi di Kaltim sebesar Rp21,342 triliun yang terdiri dari PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) Rp8,876 triliun dan PMA (Penanaman Modal Asing) Rp11,466 triliun.
“Kita patut bersyukur, dengan prestasi pembangunan tersebut, maka berbagai program di berbagai sektor yang sedang berjalan akan terus kita lanjutkan dan dituntaskan sesuai dengan target yang ada. Seiring dengan itu, kita berharap pertumbuhan ekonomi semakin meningkat, terbangunnya infrastruktur, kian membaiknya pelayanan dan pemenuhan kebutuhan dasar, berkurangnya pengangguran dan angka kemiskinan serta meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.
Sehubungan dengan itu, lanjut dia, maka diserahkan sejumlah tropi dan piagam penghargaan kepada bupati/walikota, SKPD dan perorangan sebagai yang terbaik di berbagai bidang pembangunan dan lomba-lomba yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kaltim ke-57.
Ia berharap dengan penghargaan ini dapat memberikan dorongan atau motivasi kepada daerah, SKPD dan perorangan untuk saling berlomba meningkatkan kinerja di bidangnya masing-masing secara positif. Selain itu, keberhasilan daerah, SKPD dan perorangan sebagai yang terbaik, juga merupakan umpan balik (feedback) bagi Gubernur dalam rangka monitoring dan evaluasi atas kinerja yang ditunjukkan selama ini.
“Bagi bupati, walikota, SKPD dan perorangan yang menerima tropi dan penghargaan agar tetap dapat mempertahankan prestasi kinerjanya, sedangkan bagi yang belum berhasil, saya minta agar tidak berkecil hati, akan tetapi harus terus melakukan introspeksi dan segera melakukan pembenahan,” imbaunya.
Pada Malam Anugerah Kaltim 2014 diberikan 43 penghargaan dengan berbagai macam kategori sesuai SKPD lingkup Pemprov. Pada kesempatan itu juga diserahkan Sertifikat Rumah Sakit Tipe A dari Kementerian Kesehatan kepada RSUD AW Sjahranie. (her/hmsprov)

//Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dan Wagub H Mukmin Faisyal bersama penerima penghargaan. (fajar/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait