Gubernur Minta Lanal Balikpapan Terus Bersinergi

Gubernur Awang Faroek Ishak bersama Danlanal Balikpapan Kolonel Laut Irwan SP Siagian. (SYAIFUL/HUMASPROV)

 

SAMARINDA - Gubernur Awang Faroek Ishak mengajak semua stakeholder di Kaltim agar senantiasa bersinergi dengan Pemprov Kaltim, tak terkecuali jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan yang saat ini dikomandoi Danlanal Balikpapan Kolonel Laut Irwan SP Siagian.

 

Awang meminta agar Danlanal Irwan SP Siagian yang biasa disapa Luhut Siagian untuk terus bersinergi bersama pemerintah, sehingga apa yang menjadi program pemerintah daerah dapat sejalan dengan program TNI Angkatan Laut. "Kaltim memiliki perairan yang masuk dalam wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang memegang peran strategis mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Karena itu, tentu peran dari TNI Angkatan Laut sangat diperlukan, sehingga pengembangan pertumbuhan ekonomi nasional di Kaltim semakin baik," kata Awang Faroek Ishak ketika menerima kunjungan silaturrahmi Danlanal Balikpapan Luhut Siagian dalam rangka laporan perpindahan tugas ke Kota Tarakan di Ruang VIP Pendopo Lamin Etam, Rabu (31/1).

 

Menurut Awang, dengan masuknya laut Kaltim dalam wilayah ALKIi II, ini menunjukkan pengembangan kegiatan kemaritiman nasional melalui program tol laut yang digadang-gadang Presiden Joko Widodo (Jokowi) diyakini dapat terwujud. Karena itu, sinergitas antara pemerintah daerah dengan Lanal Balikpapan sangat diperlukan. Apalagi, lanjut Awang, program tol laut yang digagas Presiden Jokowi karena melihat potensi kelautan atau kemaritiman Indonesia yang begitu besar dan potensial untuk mendukung pertumbuhan ekonomi negara melalui pembukaan transportasi laut. 

 

Karena itu, tol laut ditarget mampu memaksimalkan potensi kemaritiman Indonesia, sangat penting  karena laut telah terhubung dari Sabang sampai Merauke dan di dalamnya juga termasuk kawasan laut Kaltim. "Semoga saja, Lanal Balikpapan bisa mendukung dan mengamankan kondisi kawasan laut kita," jelasnya.

 

Selain itu, Awang memberikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama yang harmonis selama ini dengan Pemprov Kaltim. Semoga ketika melaksanakan tugas di tempat yang baru dapat bersinergi dengan pemerintah daerah setempat. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation