Gubernur Minta Zakat Dibayar Lewat Baznas

Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi menghadiri Rapat Paripurna XV DPRD Kaltim dengan agenda Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kaltim terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2016 di Gedung Utama DPRD Kaltim, Rabu (7/6). (jaya/humasprov kaltim)

 SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengingatkan para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltim agar menyerahkan zakat fitrah dan mal/harta disampaikan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kaltim. Harapannya  penyaluran zakat nantinya akan lebih tepat sasaran.

 

Hal ini karena Baznas merupakan lembaga resmi yang dimiliki pemerintah untuk penyaluran zakat di Indonesia. Awang mengatakan penyaluran zakat yang dilaksanakan Baznas sangat jelas peruntukkannya, sehingga wajar jika aparatur sipil negara menyalurkan zakat lewat Baznas.

 

"Saya minta melalui Sekprov Kaltim dan Asisten Pemerintahan dan Kesra dapat mengkomunikasikan ini. Sehingga penyaluran zakat di Kaltim betul-betul tepat sasaran," kata Awang Faroek Ishak ketika menghadiri penyerahan zakat di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (7/6).

 

Awang mengatakan penyerahan zakat tersebut tahun selanjutnya dapat diprogramkan dengan tepat. Contohnya, bisa saja dilaksanakan dengan cara memotong gaji berapa persen kepada para Kepala OPD dan ASN setiap bulan. Sehingga saat Ramadhan penyaluran itu bisa terlaksana dengan baik dan diharapkan tepat sasaran.  Begitu juga dengan sedekah, diharapkan bukan hanya pada saat Ramadhan.

 

"Kita harapkan baik penyerahan zakat maupun sedekah mulai tahun ini bisa diserahkan  aparatur OPD kepada Baznas yang secara resmi dibentuk pemerintah untuk menyalurkan zakat, infak dan sedekah (ZIS). Saya yakin Baznas mampu menyalurkan ZIS dengan baik dan tepat sasaran," harap Awang.  (jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait