Gubernur: Olahraga Perlu Prioritas Sama dengan Pendidikan

Mendukung Sukses Olahraga di Kaltim

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan, bahwa program olahraga harus mendapat prioritas sama dengan program pengembangan pendidikan. Hal ini penting dilakukan untuk mendukung sukses prestasi olahraga Kaltim  di tingkat nasional maupun internasional. 

“Saya menilai olahraga sama dengan bidang pendidikan berperan dalam meningkatkan karakter anak agar lebih baik ke depan. Karena itu, bidang olahraga patut diberikan prioritas yang sangat tinggi, baik dilakukan pemerintah maupun swasta, terutama dalam dukungan pendanaan,” kata Awang Faroek Ishak usai pencanangan desentralisasi atlet dan pelatih pekan lalu di Kantor Gubernur Kaltim.

Sukses pembinaan olahraga bukan hanya beban pemerintah, tetapi juga memerlukan dukungan semua pihak, termasuk perusahaan swasta di bidang pertambangan Migas dan batu bara, perkebunan, kehutanan dan perusahaan konstruksi.

Apalagi saat ini Kaltim memiliki Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI). Diharapkan, melalui SKOI, daerah ini mampu menciptakan atlet olahraga dengan prestasi gemilang.  

Guna mendukung pengembangan bidang olahraga di daerah, maka diinstruksikan agar pada tahun ajaran 2014 SKOI dapat menerima 500 atlet pelajar.  Dengan dukungan Pemprov Kaltim,  para pelajar yang akan masuk ke sekolah ini tidak dipungut biaya. 

“Saya berharap melalui SKOI, Kaltim mampu mencetak prestasi dari generasi muda, sehingga daerah ini tidak perlu lagi membeli atlet dari daerah lain. Kita akan sangat bangga, jika prestasi daerah diraih melalui kegigihan atlet dari daerah sendiri,” tegas Awang. (jay/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Dr H Awang Faroek Ishak

Berita Terkait
Government Public Relation