Kalimantan Timur
Gubernur Pimpin Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam

dok.humaskaltim

BALIKPAPAN - Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor memimpin Upacara Gelar Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021 di Lapangan Makodam VI Mulawarman Balikpapan, Senin (22/3/2021).

 

Hadir Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Ketua DPRD Kaltim H Makmur HAPK, Kajati Kaltim Deden Riki Hayatul Firman serta jajaran Forkopimda Kaltim, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, para bupati/wali kota, Komandan Kodim dan Kapolres serta Kepala BPBD se-Kaltim.

 

Sebagai pemimpin upacara, Gubernur Isran Noor didampingi Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak didaulat membacakan pernyataan Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam (Gunbencal) di Wilayah Kodam VI/Mulawarman.

 

Apel kesiapan kata Gubernur, didorong semangat pengabdian untuk menyelamatkan sumber daya alam dan kelestarian alam dari kerusakan yang berdampak pada kehidupan manusia dan untuk kelangsungan pembangunan.

 

Maka, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kaltim, jajaran TNI/Polri dalam wilayah Kodam VI/Mulawarman, Forkopimda, Badan Penanggulangan Bencana Daerah se-Kaltim, organisasi kemasyarakatan dan perwakilan paguyuban/adat se-Kaltim siap dan tanggap melakukan pencegahan dan penanggulangan kejadian bencana alam.

 

Menegakkan keadilan dan penyelesaian kasus pelanggaran secara hukum sesuai undang-undang, peraturan  dan ketentuan yang berlaku.

 

Meningkatkan kerja sama dengan para pihak terkait  secara sinergis dan berkesinambungan dalam melaksanakan setiap penanggulangan bencana alam.

 

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kaltim, Gubernur Isran Noor menyampaikan apresiasi dan kerja sama yang dibangun Pangdam VI Mulawarman dan Kapolda Kaltim untuk bersama menanggulangi masalah bencana alam.

 

"Koordinasi dan sinergi selama ini sangat baik. Namun kesiapan perlu dilakukan, jangan menunggu terjadi bencana," ungkap orang nomor satu Benua Etam itu.

 

Upacara diikuti 233 personel terdiri pasukan Kodam VI Mulawarman (TNI AL, TNI AD TNI AU), Polda Kaltim (Brimob/Samapta), BPBD, Basarnas, Damkar, Satpol PP dan FKPPI. Acara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan berjarak 1,5 meter. (yans/sdn/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait