Gubernur Terus Promosikan Kepulauan Derawan

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Kaltim Dr H. Awang Faroek Ishak terus mempromosikan Kepulauan Derawan sebagai obyek tujuan wisata andalan Kaltim yang terletak di Kabupaten Berau.
Menurut Gubernur kawasan pariwisata di gugusan  kepulauan Derawan, yang terdiri atas Pulau Derawan, Sangalaki, Maratua, dan Kakaban, merupakan salah satu kekayaan laut Kaltim yang patut dipromosikan ke tingkat nasional dan internasional.
Hal ini dikatakan Awang Faroek Ishak saat menjamu Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution pada Peresmian Gedung baru Bank Indonesia Kaltim, pecan lalu. “Saya perkenalkan bahwa  Pulau Kakaban adalah pulau yang sangat luar biasa. Berisi jutaan ubur-ubur yang tidak menyengat dan berisi danau air tawar. Pulau Kakaban ini adalah keajaiban yang  hanya ada dua di dunia yaitu di Kepulauan Palau dan satunya lagi dimiliki Berau,” ujarnya.
Pemerintah Provinsi Kaltim terus mengembangkan  kantong-kantong pertumbuhan ekonomi baru, selain indsutri besar dan padat modal, beberapa kantong ekonomi berbasis kemasyarakatan  juga ikut dikembangkan diantaranya potensi pariwisata dan pertanian dalam arti luas.
Gubernur juga tidak lupa mempromosikan Festival Derawan 2013 sebagai kegiatan awal menyongsong Sail Derawan 2014. Sebagai tuan rumah, ujar Gubernur Kaltim mempersiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung .
Berbagai persiapan sedang dilakukan Provinsi Kaltim dan Kabupaten Berau diantaranya peningkatan Bandara Kalimarau yang telah diresmikan dan dapat didarati pesawat berbadan lebar, pembangunan Bandara di Pulau Maratua dan pembangunan sejumlah pelabuhan atau dermaga  laut untuk kapal-kapal pesiar.
Selain itu, Gubernur juga mempromosikan taman anggrek hitam (Coelogyna pandurata) di Kabupaten Kutai Barat sebagai keajaiban yang dimiliki Kaltim. Anggrek hitam yang ada di alam, lanjur Awang Faroek akan lebih menarik jika dikunjungi saat anggrek sedang berbunga.
“Gubernur dan bupati serta walikota wajib mempromosikan berbagai potensi dan obyek wisata di Kaltim. Sebagai Gubernur saya juga harus bisa menjadi salesmen bagi potensi wilayah ini,” ujarnya.(yul/hmsprov)

///Foto : Keindahan Pulau Derawan dilihat dari tengah laut.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait