Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran


SAMARINDA - Hari pertama kerja setelah libur Lebaran, kehadiran Pegawai Negeri Sipil (PNS)  maupun non PNS di lingkungan Pemrov Kaltim mencapai 96 persen. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltim HM Yadi Robyan Noor mengatakan, pasca libur panjang Lebaran, kehadiran PNS maupun non PNS mencapai  96 persen. Sedangkan sekitar 4 persen pegawai tidak hadir karena cuti, sakit, ijin, tugas belajar dan tanpa keterangan. 

"Uji petik beberapa SKPD hasilnya sama  dengan biro-biro mencapai  96,78 persen  yang hadir  melalui Sistem Absensi Online (SAO) sangat efektif  dan efisien untuk memantau kehadiran semua pegawai (PNS dan non  PNS) yang jumlahnya 12 ribuan orang," kata Roby, Selasa (12/7). 

Mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim ini menambahkan, absensi manual saat ini masih direkap. Sedangkan untuk pegawai yang tidak hadir karena cuti, sakit, ijin, tugas belajar dan tanpa keterangan masih diverifikasi dan divalidasi.

Lebih jauh dijelaskan, ketidakhadiran pegawai  karena ijin, konfirmasinya  boleh dilakukan melalui pesan singkat atau SMS (short message service). Pegawai yang sakit harus menunjukkan bukti sakit dari dokter. Berikutnya, pegawai yang sedang  melakukan perjalanan dinas. Selanjutnya pegawai sedang cuti dan masih menjalani tugas belajar.

Karena itu, para operator absensi di masing-masing dinas/badan dan biro diharapkan dapat melakukan pencatatan  dengan baik terhadap pegawai yang hadir  maupun  pegawai yang tidak hadir, termasuk untuk penggunaan SAO (finger (sidik jari dan retina mata). 

"Sedangkan untuk absensi manual, saat ini  masih direkap dan hasilnya  akan diverifikasi dan validasi mulai 28 Juli sampai 5 Agustus mendatang," papar Roby.

Seperti diwartakan sebelumnya, hari pertama masuk kerja di lingkungan Pemprov Kaltim, Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP didampingi Asisten Pemerintahan  Meiliana dan Asisten Kesejahteraan Rakyat Bere Ali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah biro di lingkungan Setprov Kaltim. (mar/sul/es/humasprov)  

Berita Terkait
Government Public Relation