I Hope I Can See That

dok.humaskaltim

BALIKPAPAN - Ambassador Vegard Kaale, Duta Besar Kerajaan Norwegia, Ms Anniken Scharning Huitfeldt (Ketua Komite Tetap Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Parlemen Norwegia), dan Anggota Parlemen Norwegia lainnya,  Mr. Per-Willy Amundsen, Ms. Jette F. Christensen, Mr. Harek Elvenes, Mr. Trond Helleland, Ms. Marianne Marthinsen, Ms. Liv Signe Navarsete, Jumat siang tadi sudah kembali ke Jakarta, sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Norwegia.

“Kalimantan Timur is a very strong partner in this partnership. So we will continue this and also we coming back in the near future (Kalimantan Timur adalah mitra yang sangat kuat dalam kemitraan ini. Jadi kami akan lanjutkan ini dan kami akan kembali dalam waktu dekat ini),” kata Vegard Kaale, sebelum bertolak kembali ke Jakarta, siang tadi. 

Mitra Vegard Kaale, Anniken memberi pernyataan hampir senada. “Pertama kali kami diterima dengan sangat hangat. Kami tiba sekitar pukul 11 malam dan kami melihat semua orang menerima kami dengan sangat hangat. Sangat konsisten dari depan sampai kami kembali. Pertemuan dengan Gubernur Isran Noor juga sangat baik. Paparan tentang rencana ibu kota negara baru juga sangat baik. Sambutannya sangat luar biasa dan kami sangat terkesan,” kata politisi cantik Norwegia berambut pirang itu.  

Secara umum mereka sangat puas melihat komitmen dan hasil-hasil kerja sama Indonesia dan Norwegia, dimana Kalimantan Timur menjadi salah satu mitra utama Norwegia.  

“Meski sangat singkat, kami belajar banyak hal di sini.  Baik tentang komitmen maupun tentang hasilnya. Orang-orang di sini juga sangat hangat,” kata Liv Signe Navarsete, anggota parlemen lainnya.

Saat ditanya apakah mereka akan kembali untuk melihat bibit pohon yang Kamis lalu mereka tanam di Wanariset Samboja, tempat perawatan Orangutan Borneo? “I hope I can see that. Maybe next year,” sahut Anniken sambil tersenyum.(sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait