Istri Berperan Strategis Dukung Kinerja Suami

HUT Ke-16 Dharma Wanita Persatuan

SAMARIDA – Kembali Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak menegaskan para istri memiliki peran penting dan strategis dalam mendukung kinerja para suami sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

Penegasan itu disampaikan Gubernur Kaltim  melalui Plt Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-16 Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan peringatan Hari Ibu ke-87 Tahun 2015 di Pendopo Lamin Etam, Rabu (16/12).

“Para ibu-ibu anggota DWP tidak semata berorganisasi. Tetapi bagaimana mampu menjalankan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga bagi anak-anaknya dan istri bagi suaminya yang berprofesi sebagai ASN di pemerintahan,” kata Rusmadi.

Peran penting dan strategis para ibu menurut dia, dapat dilihat dari upayanya dalam membina serta mendidik anak-anaknya. Pembinaan dan pola pendidikan yang diberikan agar tercipta generasi yang berkualitas, cerdas dan berdaya saing.

Selain itu, kualitas dan kapasitas serta kesetiaan para istri pegawai negeri sipil (PNS) atau ASN sangat menentukan kinerja suaminya. Sebab, para suami yang melaksanakan tugas-tugas pemerintahan memerlukan pendamping (istri) yang memahami serta mendukung profesinya.

Kemampuan dan keuletan para ibu dalam membina anak dan mendampingi suaminya sangat sesuai dengan tema HUT kali ini. Yakni, peningkatan kualitas hidup perempuan menuju ketahanan keluarga.

“DWP diharapkan mampu menyusun program-program yang sederhana sehingga mampu dilaksanakan dan mencapai target. Utamanya, program yang mampu meningkatkan kualitas dan kapasitas anggota dan pengurus DWP sebagai mitra pemerintah,” harap Rusmadi.

Sementara itu Ketua DWP Kaltim Hj Sonya Evelyn Saini mengatakan perayaan HUT DWP dirangkai dengan peringatan Hari Ibu dan berdasarkan hasil Munas lalu pengurus DWP diwajibkan menyusun program yang mengarah pada peningkatan kapasitas kaum perempuan.

“DWP Kaltim telah menfokuskan pada kegiatan-kegiatan berdasarkan rencana strategis yang telah disusun bahkan disahkan pada Munas lalu di Jakarta. Kegiatan difokuskan pada upaya peningkatan kualitas dan kapasitas kaum perempuan,” ujar Sonya Evelyn Saini.

Dalam rangkaian HUT DWP telah dilaksanakan bhakti sosial berupa donor darah, sunatan masal serta santunan bagi penggali kubur. Lomba dan pertandingan voli serta olahraga gembira bagi anggota DWP unit SKPD.

Juara voli diraih DWP unit Kementerian Hukum dan HAM dan Dinas Perhubungan serta Dinas Pekerjaan Umum Kaltim. Tarik tambang dimenangkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Kehutanan Kaltim.

Lomba bakiak diperoleh DWP unit Dispora Kaltim dan Dinas Kehutanan serta Politani Kaltim. Lomba tari balon dimenangkan DWP unit Dinas Kelautan dan Perikanan, Sekretariat DPRD Kaltim dan Kementerian Hukum dan HAM Kaltim.(yans/hmsprov)

///Foto: DUKUNG SUAMI. Pembina DWP Kaltim Hj E Amelia Suharni Faroek disaksikan Plt Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi dan Ketua DWP Kaltim Hj Sonya Evelyn Saini memotong nasi tumpeng pada perayaan HUT ke-16 DWP. (johan/humasprov kaltim).

Berita Terkait