ITK Mulai Perkuliahan Awal 2015

ITK Mulai Perkuliahan Awal 2015

 

SAMARINDA -  Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan awal tahun 2015 sudah siap ditempati dan melaksanakan perkuliahan terutama bagi mahasiswa semester dua yang saat ini sedang mengikuti pendidikan di Institut Teknologi Surabaya (ITS).

Dalam tahun yang sama khususnya  tahun ajaran baru 2015-2016, ITK siap menerima mahasiswa baru sekitar 400-500 orang atau masing-masing 40-50 mahasiswa untuk 10 program studi (prodi) yang telah disiapkan pihak institut.

Kesiapan ITK Balikpapan tersebut terungkap saat pertemuan  koordinasi antara Pemprov Kaltim, jajaran ITK Balikpapan dan ITS dengan Universitas Mulawarman dan perguruan tinggi di Ruang Rapat Tenguyun Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (27/8).

Staf ahli gubernur Kaltim bidang pendidikan dan kebudayaan Dr H Sigit Muryono mengemukakan hal pertemuan antara Pemprov Kaltim dengan universiats dan perguruan tinggi mitra ITK Balikpapan untuk kesiapan ITK pasca groundbreaking September depan.

“ITK Balikpapan ini kan segera digroundbreaking dalam waktu dekat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau tepatnya 15 September depan dan pihak institut sudah sangat siap.,” kata Sigit Muryono usai memimpin pertemuan di Ruang Rapat Tenguyun.

Selain itu, dalam rapat koordinasi tersebut juga telah menyimpulkan beberapa hal diantaranya merencanakan perkuliahan dalam waktu yang tidak terlalu lama dan kesanggupan pihak ITK didukung ITS diselenggarakan pada awal 2015 untuk mahasiswa semester dua.

Sementara itu dalam DPA ITK Balikpapan yang tergabung dalam ITS terdapat dua kegiatan besar yakni pembangunan fisik untuk membangun 32 ruang terdiri atas  20 ruang kelas masing-masing berkapasitas 40 orang.

Sepuluh ruang kelas besar berkapasitas masing-masing 80 orang dan satu ruang teater yang kapasitasnya mencapai 200 orang serta satu ruang administrasi. “Saat ini sudah mulai dikerjakan PT Nindya Karya walaupun groundbreakingnya pada September,” jelas Sigit.

Juga ada kegiatan besar yang akan dilakukan jajaran ITK Balikpapan yakni proses persiapan pendirian terdiri atas penyusunan kurikulum, logo, hymne dan kelengkapan institut lainnya, sehingga saat groundbreaking maka prasasti sudah siap.

“Khusus untuk kurikulum sudah siap sementara logo dan hymne masih disayembarakan. Diharapkan logo maupun hymne memuat ciri khas serta mencerminkan nuansa lima provinsi yang tergabung dalam wilayah Kalimantan,” ujar Sigit Muryono.

Sementara itu Pelaksana Harian Bidang Fisik ITS yang diperbantukan di ITK Balikpapan Mohammad Muntaha menyebutkan saat ini ITK sudah memiliki tenaga kependidikan diantaranya tiga dosen tetap namun satu diantaranya akan mengikuti pendidikan S3 di Jepang.

“Awal tahun depan kita sudah siap memulai perkuliahan untuk mahasiswa baru semester dua untuk 10 prodi. Diantaranya, teknik mesin, elektro, kimia, sipil dan perkapalan, fisika, matematika, teknik perencanaan wilayah dan kota, teknik informatika serta teknik metalogi dan material,” ujar Mohammad Muntaha.

Tampak hadir dalam pertemuan Direktur Politeknik Balikpapan (Poltekba) Nurwahidah dan wakilnya Mahfud, tim fasilitasi ITS-ITK, pejabat Universitas Mulawarman, Dinas Pendidikan Kaltim serta Biro Sosial Setdaprov Kaltim.(yans/hmsprov)

///Foto: SUDAH SIAP. Sigit Muryono saat berbincang dengan tim fasilitasi ITS-ITK Balikpapan.(masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation