Jembatan Mahakam IV, Sisi Kota Sudah Tersambung

Jembatan Mahakam IV sudah mulai tersambung. Diharapkan selesai sesuai target. (umar/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PU-PUR) Kaltim Joko Setiono  mengatakan  penyelesaian pembangunan Jembatan Mahakam IV terus dikebut. Bentang tengah jembatan ini sudah tersambung untuk sisi Kota Samarinda. "Pengerjaannya terus dilakukan, bukan saja untuk sisi kota tetapi juga untuk sisi seberang. Kotraktror pelaksana sudah  menambah satu ponton lagi dengan satu crane untuk mengerjakan pilon  (tiang) 13 di sisi Samarinda Seberang," kata Joko Setiono, Senin (13/8)

Ditambahkan, untuk penyambungan bentang tengah  jembatan ini baik  untuk  sisi kota maupun sisi seberang akan terus dilaksanakan untuk mengejar target  rampung Desember mendatang. "Sekarang ini, pihak kontraktor pelaksana sudah  menambah satu ponton lagi dengan satu crane untuk mengerjakan tiang 13 di sisi seberang. Hal ini akan  mempercepat penyambungan bentang tengah, sehingga target Desember 2018 bisa terealisasi," ujar Joko Setiono.

Sementara untuk jalan pendekat sisi Samarinda Seberang juga  sudah mulai dilakukan pemasangan  girder dengan  erection pengangkatan secara launcher atau cara pekerjaan dua crane. Ditargetkan Nopember 2018 sudah terpasang semua termasuk di sisi kota. "Kita harapkan realisasi  penyambungan bentang tengah  sesuai target,  termasuk  penyelesaian jalan pendekat baik untuk  sisi Samarinda  Kota  maupun sisi Samarinda Seberang," kata Joko.

Seperti diketahui pembangunan Jembatan Mahakam IV dibagi dalam tiga kegiatan yaitu pembangunan untuk bentang tengah dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan.  Kemudian jalan pendekat  sisi Samarinda Kota  dikerjakan PT Waskita Karya  dan KSU Surya Bhakti dan dan jalan pendekat sisi Samarinda Seberang dikerjakan  PT Jaya Kontruksi. (mar/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait