Jemput Bola Sukseskan Perekaman KTP-el

 

SAMARINDA - Pemerintah kabupaten/kota diminta berupaya keras mencapai sukses 100 persen perekaman KTP-el yang akan berakhir pada 30 September 2016. Meski Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan perekaman KTP-el diberikan kelonggaran hingga pertengahan 2017. Tetapi masyarakat tetap diminta untuk merekam identitas kependudukan di masing-masing kecamatan maupun Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten/Kota.

Berbagai cara pun perlu dilakukan pemerintah kabupaten/kota untuk menyukseskan program ini, salah satunya dengan aksi jemput bola. Contoh  Pemkab Kutai Barat dan Berau dengan menambah waktu pelayanan KTP-el. Kutai Barat membuka layanan setiap hari mulai Senin-Jumat sejak pukul 08.00-21.00 wita dan pada Sabtu-Minggu pelayanan perekaman dimulai pukul 12.00-21.00 wita.

Sementara Pemkab Berau melalui Disdukcapil Kabupaten Berau melakukan perekaman hingga ke daerah pedalaman dengan membawa alat perekam bergerak yang dilaksanakan sejak Senin-Sabtu.

“Apa yang dilakukan Pemkab Berau dan Kutai Barat patut dicontoh. Sehingga kabupaten/kota lainnya dapat menyelesaikan perekaman KTP-el sesuai wajib KTP,” kata Plt Kepala Biro Pemerintahan Setprov Kaltim Khairid Daha didampingi Kepala Bagian Kependudukan Jubaidah di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (27/9).

Pemprov Kaltim meyakini perekaman KTP-el mampu mencapai 100 persen tahun ini. Karena hingga saat ini  warga yang sudah merekam KTP-el mencapai 2.080.535 jiwa dari jumlah penduduk wajib KTP sebanyak 2.652.883 jiwa.

“Jadi hingga saat ini persentase masyarakat yang merekam mencapai 78,42 persen per 24 September 2016. Kami yakin, tahun ini tuntas. Apalagi pemerintah kabupaten/kota bisa melakukan aksi jemput bola,” jelasnya. (jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait