JPI dan HSPN Siap Dibuka Menpora

SAMARINDA-Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo dipastikan membuka Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2013 yang akan dirangkai dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda Nasional (HSPN) ke-85 di Stadion Utama Kaltim, Palaran Samarinda, Senin (28/10).    

"Insyaallah Menpora berkenan membuka kegiatan tersebut. Hingga saat ini panitia terus mempersiapkan acara demi acara agar semua berlangsung sukses," kata Ketua Panitia HSPN dan JPI 2013 H Sigit Muryono disela-sela gladi kotor  acara pembukaan, Minggu (27/10).

  Menurut dia, panitia juga berupaya agar penyelenggaraan dua event penting ini bisa berjalan lancar dan aman, apalagi kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan pemuda dari negara-negara Asia Tenggara (ASEAN)  sehingga hal sekecil apapun harus diperhatikan, begitu juga sisi keamanannya. 

Dijelaskan, panitia terus memaksimalkan peran untuk menyukseskan perhelatan even kepemudaan tingkat nasional tahun 2013 ini. Semua panitia sudah memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing.  

"Kita tunjukan bahwa Kaltim mampu dan siap. Pengalaman menjadi tuan rumah penyelenggaraan berbagai multievent tingkat nasional dan internasional selama ini harus menjadi pembelajaran agar penyelenggaraan HSPN dan JPI dan seluruh   rangkaian kegiatannya berjalan sukses," ujarnya.

  Sekitar 1.240 peserta JPI saat ini sudah tiba di Samarinda dan diharapkan media massa juga ikut membantu mensosialisasikan kegiatan ini agar masyarakat lebih tertarik untuk menyaksikan perhelatan besar ini. 

"Panitia sudah  bekerja sama dengan SMA/SMK, perguruan tinggi dan Korpri. Ditambah dukungan media massa kami harapkan masyarakat juga akan berbondong-bondong hadir di stadion untuk menyaksikan pembukaan HSPN dan JPI," ujarnya. 

Prinsipnya masing-masing bidang kepanitian sudah melaksanakan persiapan. Bidang Humas, Publikasi dan Acara, serta Dokumentasi, Keprotokolan, juga sudah  melakukan publikasi terkait informasi penyelenggaraan sejak jauh-jauh hari. 

"Pelayan untuk wartawan dengan ruang  media centre juga disiapkan dengan perangkat komputer plus internet," jelasnya.  

Sedangkan antisipasi listrik padam juga menjadi perhatian panitia karena menyangkut persoalan serius, dengan menyediakan generator cadangan. Begitu juga soal toilet yang menjadi perhatian gubernur, juga sudah disiapkan, baik yang permanan maupun toilet mobile (toilet bergerak). (sar/hmsprov).

//Foto: TUAN RUMAH. Gladi bersih pembukaan Jambore dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda. (syaiful/humasprov kaltim).

Berita Terkait