Kabupaten/Kota Harus Bergerak Sukseskan Program KKB

SAMARINDA – Terkendalinya pertumbuhan dan pertambahan penduduk Kaltim tidak terlepas dari kebijakan dan upaya kepala daerah baik Bupati maupun Walikota, karenanya kabupaten/ harus bergerak guna menyukseskan program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB).

“Gubernur Awang Faroek bersama BKKBN terus berupaya mendorong Bupati/Walikota untuk meningkatkan serta mengembangkan program KKB di daerah, sehingga pertumbuhan dan pertambahan penduduk dapat terkendali,” ungkap Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan KB Nasional (BKKBN) Kaltim Jufri Yasin, Rabu (15/1).

Menurut Jufri, pengendalian pertumbuhan dan pertambahan penduduk melalui program KKB  sangat strategis karena berkaitan langsung dengan upaya peningkatan sumber daya manusia berkualitas selain terbentuknya keluarga kecil dan sejahtera serta mandiri.

Bahkan, guna memotivasi di setiap daerah untuk kesuksesan pengembangan dan pembangunan program KKB di kabupaten/kota, maka Pemprov bersama Perwakilan BKKBN Kaltim memberikan penghargaan berupa panji keberhasilan pembangunan KKB di daerah.

Karenanya, setiap tahun selalu dilakukan penilaian terhadap pengembangan program KKB di setiap kabupaten dan kota di Kaltim. Misalnya, pada tahun 2010 dan tahun 2011 telah diberikan panji keberhasilan bagi Kabupaten Kutai Kertanegara serta 2012 diraih Balikpapan.

Diharapkan lanjutnya, melalui pemberian penghargaan berupa panji keberhasilan pembangunan program KKB itu maka kabuapetn dan kota saling berlomba dan berupaya untuk meningkatkan kinerjanya dalam kesuksesan program nasional tersebut.

Berbagai kriteria yang dinilai sebagai kategori atau terdapat 14 indikator dalam keberhasilan pelaksanaan pembangunan program KKB di kabupaten dan kota. Diantaranya, perolehan peserta KB baru, pembinaan terhadap bina-bina keluarga (BKB, BKL dan BKR) termasuk kegiatan petugas lapangan dan ketersediaan fasilitas pelayanan KB.

“Melalui pemberian penghargaan tersebut, Gubernur berharap agar seluruh daerah  baik kabupaten maupun kota di Kaltim bergerak dan berupaya memacu pembangunan KKB di daerahnya. Selain panji juga diberikan tropi keberhasilan pembangunan yang diberikan kepada Penajam paser Utara dan Kota Bontang,” ujar Jufri Yasin.(yans/hmsprov)

Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menyerahkan Panji Keberhasilan Pembangunan di bidang Kependudukan dan KB kepada Walikota Balikpapan Rizal Effendi. (johan/humasprov kaltim)

Berita Terkait