Kalau Sakit Jangan ke Mal

Ist

Dua pekan berlalu setelah lebaran, masyarakat nampaknya sudah mulai terbiasa hidup di tengah pandemi virus corona.

 

Pusat-pusat perbelanjaan dan tempat wisata nampak mulai ramai dikunjungi pada  Minggu  (7/6/2020). 

 

"Dari pantauan kami aktivitas masyarakat memang sudah mulai normal. Mal dan tempat wisata sudah mulai dipenuhi pengunjung," kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, H Nazrin, Senin (8/6/2020).

 

Meski mengaku memaklumi kejenuhan masyarakat yang hidup dalam pembatasan sosial beberapa bulan terakhir, Nazrin mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

 

Antara lain dengan menggunakan masker, jaga jarak, menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan. Tetap juga membatasi waktu ke luar rumah, atau tidak terlampau sering beraktivitas di luar rumah.

 

Kepada para pengelola pusat perbelanjaan dan tempat wisata,  dia juga mengingatkan agar menyiapkan titik-titik pemeriksaan suhu tubuh, hand sanitizer, cuci tangan, memasang banner atau sepanduk, serta terus memberikan imbauan kepada pengunjung dan siapa saja di lokasi tersebut untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

 

"Sekiranya ada  gejala Covid-19 atau sedang sakit, segeralah ke rumah sakit, jangan malah ke mal atau ke pantai," pesan Nazrin.

 

Update perkembangan Covid-19 Minggu (7/6/2020), terdapat tambahan 4 pasien sembuh dan 2 pasien positif. Secara keseluruhan, pasien sembuh mencapai 210 orang dan yang masih dirawat berkurang 2 orang menjadi 116 orang. (sul)

Berita Terkait