Kaltim Begenjoh Nusantara 2018, Awang : Seni Menyatukan Bangsa

Gubernur Awang Faroek bersama para tokoh seni dan pengisi acara pada Malam Perjamuan Seni DKD se-Indonesia. Seni Menyatukan Bangsa. (YVT/HUMASPROV)

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menegaskan Begenjoh Nusantara 2018 untuk membangkitkan kembali semangat membangun kesenian dan kebudayaan bangsa. Hal itu disampaikan Gubernur Awang Faroek Ishak pada pembukaan Perjamuan Nasional Dewan Kesenian Daerah (DKD) se-Indonesia dan Kaltim Begenjoh Nusantara 2018 di Pendopo Lamin  Etam, Sabtu (3/3). 

 

Menurut dia, Begenjoh Nusantara untuk kegembiraan para pelaku maupun penggiat  seni dan budaya di Indonesia.  Karenanya, seni dan budaya ini jangan dikotori dengan isu-isu politik yang dikhawatirkan merusak nilai-nilai luhur di dalamnya. Sebaliknya, seni mampu membangun karakter dan budaya bangsa yang wajib dilestarikan. "Melalui budaya dan seni mari kita perkuat persataun dan kesatuan bangsa," pesan Awang. Awang berharap Kaltim Begenjoh Nusantara 2018 menjadi ajang rembuk nasional para pengurus Dewan Kesenian Daerah di Indonesia yang mampu melahirkan berbagai rumusan untuk kemajuan seni dan budaya nasional.

 

Sementara itu Ketua Umum DKD Kaltim Sjafril TH Noer mengemukakan perjamuan seni merupakan agenda rutin pihaknya setiap tahun. "Namun kali ini atas inisiasi Gubernur Awang Faroek Ishak maka digelar secara nasional dengan tema Begenjoh Nusantara 2018 sekaligus Perjamuan Nasional DKD se-Indonesia," ujar Sjafril. Dia menambahkan Begenjoh Nusantara dirangkai dengan berbagai kegiatan seperti workshop, pemutaran film, musik dan gelaran puisi, sastra dan seni tari.

 

Dalam kesempatan itu, gubernur menjamu peserta Kaltim Begenjoh Nusantara 2018 untuk menikmati sajian makanan khas berupa nasi kuning di Kampung Nasi Kuning Jalan Lambung Mangkurat Samarinda. Rembuk para pengurus DKD  provinsi maupun kabupaten dan kota serta pelaku seni budaya di Indonesia digelar selama tiga hari (3-5 Maret) di Kota Samarinda. 

 

Tampak hadir Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan dan Komandan Satuan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Mulyadi serta para tokoh seni di Kaltim. Tampak pula Asisten Administrasi Umum H Bere Ali dan pimpinan OPD di lingkup Pemprov Kaltim, Kepala Biro Humas Setprov Kaltim Tri Murti Rahayu serta Juru Bicara Gubernur Hendro Prasetyo. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait