Kaltim Berpeluang 3 Besar di PON Jabar

SAMARINDA- Berdasarkan faktor fisikis dan jumlah atlet yang diturunkan serta persiapan yang sangat baik, Kaltim dipastikan mampu memiliki peluang untuk meraih peringkat 3 (tiga) besar di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat (Jabar) yang dilaksanakan September tahun ini.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Ketua II KONI Pusat Dody Usodo Argo ketika melihat persiapan Kaltim menuju PON Jabar. Menurut Dody, peluang Kaltim sangat besar di 3 besar, meskipun target utama adalah lima besar.

“Kalau melihat yang lolos Pra PON hingga saat ini mencapai 647 atlet dengan jumlah cabang olahraga (Cabor) 42 cabor. Saya yakin Kaltim mampu menembus tiga besar. Kaltim memang terpecah dua, yakni dengan Kaltara. Tetapi jumlah atlet yang lolos Pra PON dibandingkan ketika di PON Riau, ternyata ada peningkatan hingga 200 atlet. Jadi, ada pembinaan atlet yang sangat signifikan dilakukan Pemprov Kaltim bersama KONI Kaltim serta para Pengprov Cabor,” kata Dody Usodo Argo di Samarinda baru-baru ini.

Pembinaan atlet di Kaltim sangat signifikan dan ini dinilai modal utama bagi Kaltim untuk meraih prestasi nasional. Karena, ketika di Riau jumlah atlet yang dikirim kurang dari 600 atlet, tetapi Kaltim mampu meraih 5 (lima) besar.

Jika melihat faktor fisikis atlet dan jarak tempuh ke Jabar dibandingkan dengan Riau, lebih dekat Jabar, sehingga peluang untuk modal kondisi fisikis, Kaltim sangat siap. “Jadi, peluang Kaltim bukan di 5 besar tetapi di 3 besar. Ya, semoga saja ini dapat dipertahankan hingga PON nanti,” jelasnya.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengaku bangga apabila KONI Pusat memperkirakan Kaltim punya peluang demikian. Namun demikian, Kaltim tetap menargetkan 5 besar dapat terwujud.

“Melihat kesiapan Kaltim, bukan mustahil Kaltim bisa meraih 3 besar. Ya, minimal kita diperingkat 5 besar dan maksimalnya 3 besar dapat diraih kembali, ketika PON XVII di Kaltim,” jelasnya.

Karena itu, persiapan atlet Kaltim hingga lima bulan ke depan harus lebih mantap lagi, sehingga ketika PON berlangsung, atlet mampu meraih apa yang ditargetkan. Awang menilai hingga saat ini atlet Kaltim betul-betul siap menuju PON Jabar.

“Para atlet ternyata optimis meraih 3 besar. Padahal saya berharap minimal kita bertahan di 5 besar. Semoga ini bisa terwujud, prinsipnya saya terima keinginan tersebut, semoga berhasil,” jelasnya.(jay/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation