Kalimantan Timur
Kaltim Bersiap Menuju ASO 2020

foto: Syaiful/humaskaltim

SAMARINDA - Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Setdaprov Kaltim Drs HM Syafranuddin mengharapkan kepada seluruh lembaga penyiaran di daerah ini dapat mengadaptasi digitalisasi penyiaran.

"Ini sangat penting  dilakukan  untuk menjaga keberlangsungan usaha  pelaku bisnis dan investasi, serta daya saing  di dalam industri penyiaran di Kaltim," kata Syafranuddin, mewakili Gubernur Kaltim saat membuka  Workshop Digitalisasi Penyiaran  dengan tema kesiapan televisi lokal di Kaltim menghadapi Analog Switch Off (ASO) 2020 yang digelar di Ruang Heart Of Borneo Lantai 2, Kantor Gubernur Kaltim, Senin (23/11/2020).

Syafranuddin menambahkan, digitalisasi penyiaran  akan ikut meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lebih cepat, tepat dan akurat.

"Oleh karena itu, dalam menghadapi ASO, diharapkan kepada lembaga penyiaran  untuk terus  meningkatkan kualitas siarannya. Saya harapkan kualitas siaran yang ditampilkan bisa lebih baik lagi, dengan tetap memperhatikan kode etik jurnalistik,"  tegasnya.

Syafranuddin meminta  agar lembaga penyiaran publik seperti televisi dan radio diharapkan dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga  tidak saja menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, tapi juga  mempererat sosial kebudayaan.

Ketua KPID Kaltim Akbar  Ciptanto  berharap setelah  Workshop Digitalisasi  Penyiaran ini terjadi peningkatan wawasan dan pengetahuan dari para peserta sehingga lebih siap menghadapi ASO 2020.

"Ini kesempatan yang diberikan KPID Kaltim kepada peserta workshop  untuk bertanya kepada narasumber dari Komisioner KPI Pusat dan dari Kementerian Komonikasi dan informatika terkait apa itu ASO 2020 dan  dan bagaimana penerapannya termasuk permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam digitalisasi di Kaltim,” kata Akbar.

Usai pembukaan kemudian dilanjutkan penyampaian materi yang disampaikan langsung Koodinator Subdit Layanan Televisi  Kementerian Komunikasi dan Informatika  Sukamto dan Komisioner KPI Pusat Muhamad Reza. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait