Kaltim Dapat Jatah 100 Ribu KK Bansos Tunai

Foto : Ahmad Riyandi

SAMARINDA - Pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial (bansos) tunai kepada provinsi di seluruh Indonesia. Kaltim dalam program ini mendapat jatah 100 ribu kepala keluarga (KK)  Program Keluarga Harapan (PKH).

 

Secara khusus dalam video conference (vicon)  dengan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menyebutkan jumlah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) PKH Kaltim sebanyak 189.588 KK dan belum mendapatkan non PKH sejumlah 96.111 KK.

 

"Bantuan Kementerian Sosial untuk Bansos Tunai 100.000 KK akan kita alokasi bagi 96.111 KK ini. Kami terimakaih atas dukungan Kemensos dalam penanganan warga terdampak Covid-19 ini," kata Hadi Mulyadi di Ruang Heart Of Borneo Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Kamis (16/4/2020).

 

Dalam Vicon Bantuan Sosial (Bansos) Tunai Dalam Rangka Penanganan Covid-19 ini, Wagub Hadi Mulyadi mengatakan Pemprov dalam penanganan warga terdampak virus corona di daerah, selain mendapatkan dana Kemensos (Dinas Sosial), juga memberdayakan Dana Desa melalui DPMPD serta bantuan melalui alokasi APBD provinsi sebesar Rp72 miliar untuk tambahan bagi 96.111 KK.

 

"Kami juga berharap ada data dan dukungan bantuan Kemensos terkait bantuan bagi pra kerja. Semoga segera bisa kami terima," harap Hadi.

 

Atas komitmen Pemprov Kaltim, Mensos Juliari Peter Batubara sangat mengapresiasi dan meyakini upaya yang dilakukan pemerintah (pusat dan daerah), tentu mampu mengurangi beban masyarakat terutama di saat pandemi virus corona yang melanda seluruh wilayah Indonesia.

 

"Benar Pak Wagub. Kami apresiasi upaya keras Pemprov Kaltim. Masalah ini memang harus kita hadapi bersama-sama. Dan semoga wabah ini segera berlalu dan masyarakat tidak lagi dalam masalah," ujar Juliari.

 

Video conference (Vicon) Mensos dengan Gubernur dan Bupati/Walikota dan Kepala Dinas Sosial Provinsi dan Kabupaten/Kota diikuti seluruh provinsi Wilayah II, yakni Kalimantan, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jogyakarta, NTT dan NTB, Bali, Maluku dan Maluku Utara, Sulawesi Utara dan Gorontalo, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Sumatera Utara dan Aceh, Papua dan Papua Barat.

 

Hadir Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim HM Jauhar Efendi, Kepala Dinas Sosial Agus Hari Kesuma, Kepala Biro Kesra H Elto, Kepala Biro Humas HM Syafranuddin serta pejabat terkait di lingkup Pemprov Kaltim.(yans/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait