Kaltim Fokus Tingkatkan Kualitas Tenaga Pendidik

SAMARINDA - Pemprov Kaltim melalui Dinas Pendidikan Kaltim akan lebih fokus pada peningkatan kualitas mutu tenaga pendidikan. Karena dengan fokus terhadap kualitas tenaga pendidik, diharapkan ke depan Kaltim mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) andal dan berkualitas bagi masyarakat di daerah.
Menyukseskan harapan tersebut, Disdik Kaltim berupaya melakukan koordinasi dan informasi serta evaluasi dengan pemerintah kabupaten dan kota yang dilaksanakan Disdik kabupaten/kota se Kaltim.  
“Karena itu, rembuk pendidikan yang telah dilakukan sejak 28 hingga 29 November  diharapkan mampu menyerap aspirasi yang disampaikan pemerintah kabupaten dan kota  sehingga meningkatkan kualitas mutu tenaga pendidik di daerah,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim H Musyahrim di Kantor Disdik Kaltim, Senin (3/12).  
Guna meningkatkan kualitas pendidikan tersebut, Pemprov Kaltim berkomitmen untuk menaikkan insentif guru hingga mencapai Rp1,5 juta per bulan per orang, terdiri  dari bantuan Pemprov mencapai Rp600 ribu dan sisa dari itu dibebankan kepada kabupaten dan kota. Memberikan beasiswa pendidikan bagi guru-guru yang belum mencapai S1.
“Pada prinsipnya seluruh kabupaten dan kota sepakat untuk meningkatkan kualitas mutu tenaga pendidik,” jelasnya.
Peningkatan kualitas ini tidak lain bertujuan agar, peserta didik di Kaltim juga lebih baik. Karena, untuk mewujudkan peserta didik yang berkualitas maka tenaga pendidik yang memberikan pengajaran juga harus berkualitas.  
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka Disdik Kaltim memerlukan data akurat dari Disdik Kabupaten/Kota tentang guru-guru yang belum memenuhi kualifikasi sarjana, sehingga Disdik Kaltim dapat membantu. Data yang diperlukan juga termasuk untuk para guru di Provinsi Kaltara.  
“Jika memang permasalahannya dana, maka Disdik Kaltim akan mengalokasikan anggaran untuk biaya tersebut dan apabila permasalahan tempat, maka Disdik Kaltim akan melakukan kerjasama dengan Universitas Terbuka untuk mendukung pemerataan kualifikasi pendidikan bagi guru di kabupaten dan kota. Sehingga Kaltim betul-betul mampu menciptakan tenaga pendidik yang berkualitas,” jelasnya.  
Meski tahun depan Pemprov Kaltim memfokuskan pada peningkatan kualitas mutu tenaga pendidik, tetapi juga tetap berupaya melaksanakan program pendidikan di daerah yang menjadi skala prioritas, terutama memberikan beasiswa Kaltim Cemerlang bagi para pelajar, mahasiswa hingga dosen dan guru. Bukan hanya itu, pembinaan terhadap tenaga pendidik anak usia dini (PAUD) melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) juga akan tetap dilakukan, sehingga program pendidikan di Kaltim betul-betul merata. (jay/hmsprov)

///FOTO : H Musyahrim
 

Berita Terkait
Government Public Relation