Kaltim Ikuti HPS Bumi Anoa Kendari

ist

KENDARI - Rombongan Provinsi Kalimantan Timur dipimpin Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Kaltim H Nazrin mengikuti kegiatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Bumi Anoa Kendari, Sulawesi Tenggara.

Hadir mendampingi Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltim Hj Erni Makmur Hadi Mulyadi, Kepala Disnak Keswan Dadang Sudarya, Plt Kadis Pangan Tanaman Pangan Hortikultura Kaltim Uni Gamayanti serta Kadis pangan/pertanian kabupaten dan kota se Kaltim.

Berbagai rangkaian kegiatan diikuti Kaltim dari 1 - 5 November ini. Seperti, seminar nasional, pameran dan lomba Festival Pangan Lokal (FPL) B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman).

Diajang HPS kali ini, Kaltim banyak meraih apresiasi. Diantaranya, apresiasi berupa tropi dan piagan Kementerian Pertanian atas kreasi menu lunch box oleh TP PKK Balikpapan.

Selain itu, produk olahan pangan lokal menampilkan produk olahan dimenangkan Kripik Pisang (Berau), Lapis Singkong (Balikpapan) dan Dodol Pisnas (paduan buah-buahan lokal).

"Kita bersyukur. Kaltim selain ikut berpartisipasi dan hadir pada HPS tahun ini. Juga meraih berbagai apresiasi atas kreatifitas PKK kabupaten dan kota," ucap Erni Hadi Mulyadi didampingi Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan DiPTPH Kaltim Hj Rini Susilawati, Minggu (3/11/2019).

Erni Hadi berharap para kader PKK lebih kreatif mengembangkan dan mengolah pangan lokal mengandung karbohidrat. Sebagai pangan alternatif mengurangi konsumsi nasi.

Kaltim juga menerima tropy pelaksana KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) dari Badan Ketahanan Pangan Kementan. "KRPL di Kaltim ada 84 kelurahan dari 2017-2018 tahap penumbuhan dan pengembangan yang tersebar di 10 kabupaten dan kota," sebutnya.

Seminar nasionl diikuti Kaltim diwakili Karo Ekonomi Setdaprov Kaltim. Nazrin. Seminar terkait produk olahan pangan komersil coklat berbahan sagu. Untuk materi/bahan pameran dukungan dan sumbangan produk dari dinas pangandan PKK kabupaten/kota.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Jalan Sehat HUT Provinsi Terbuka untuk Umum
Jalan Sehat HUT Provinsi Terbuka untuk Umum

04 Januari 2019 Jam 16:19:16
Event

Wajib OPD Ikut Pameran Pembangunan
Wajib OPD Ikut Pameran Pembangunan

28 Juni 2018 Jam 20:13:48
Event

Lagu RINDU Jadi Pembuka Lomba Nyanyi
Lagu RINDU Jadi Pembuka Lomba Nyanyi

11 September 2019 Jam 23:22:58
Event

Government Public Relation