Kaltim Juara Pertama Lomba Bercerita Tingkat Nasional

SAMARINDA – Kemampuan pelajar Kaltim saat ini perlu diperhitungkan. Hal ini terbukti dengan diraihnya juara pertama Lomba Bercerita  Siswa SD/MI Tingkat Nasional oleh siswi SD Negeri 001 Balikpapan Adinda Hasiseh Indriansyah.
“Lomba Bercerita tingkat nasional yang diselenggarakan Badan Perpustakaan Nasional Jakarta tahun ini ternyata menjadi milik Kaltim,” kata Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti didampingi Kasubbid Pengembangan Emiliana, Senin (11/11).
 Menurut dia, setiap tahun Badan Perpustakaan Kaltim selalu mengikutkan anak-anak SD/MI maupun SMP/MTs dan SMA/MA  terbaik Kaltim yang terpilih sebagai juara tingkat provinsi untuk berlaga di ajang nasional.
Kompetensi dan kemampuan anak-anak Kaltim di setiap ajang nasional itu selalu terlihat dengan perolehan juara. Kondisi ini menunjukkan pengetahuan dan wawasan serta keterampilan bercerita anak-anak di Kaltim tidak kalah dengan anak-anak dari daerah lain di Indonesia.
Selain pembinaan yang terus menerus serta berkelanjutan dengan ketersediaan bahan pustaka untuk media bacaan juga kemampuan dan kemauan anak-anak dalam membaca buku-buku cerita yang tersedia di sekolah dan di rumah terlebih di perpustakaan.
Tujuan lomba tersebut adalah untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca sejak usia dini. Melalui membaca, maka diharapkan anak akan mampu membuka wawasan guna menambah ilmu pengetahuan serta meningkatkan keterampilan mereka. Keberadaan perpustakaan dengan berbagai buku bacaan sebagai pengayaan dapat memotivasi kegemaran membaca anak-anak.
“Meningkatnya kegemaran dan minat baca anak-anak akan mampu meningkatkan wawasan dan pengetahuan akan sesuatu termasuk cerita-cerita rakyat maupun sejarah serta berbagai ilmu pengetahuan yang dituangkan dalam bercerita dengan orang lain maupun pada ajang lomba,” ujar Sri Sulasmi.
Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI yang digelar Badan Perpustakaan Nasional diikuti 34 peserta dari seluruh Indonesia.  Digelar  dalam dua tahap yakni seleksi untuk masuk 12 besar (nominator) dan pemilihan juara bagi 12 nominator yang lolos tahap seleksi. (yans/hmsprov).

///FOTO : Kepala Perpusnas Sri Sularsih saat menyerahkan penghargaan kepada Adinda Hasesih  Indriansyah (tengah) sebagai juara pertama Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI tingkat nasional.(ist)

 

Berita Terkait