Kaltim Miliki Website Layanan LPSE

SAMARINDA – Guna memberikan kemudahan layanan sekaligus penyampaian informasi terhadap LPSE (layanan pengadaan secara elektronik), maka Pemprov Kaltim melalui Biro Pembangunan Daerah (Bangda) Setprov Kaltim melaunching website pelayanan LPSE.
Beralamat http://lpse.kaltim.go.id untuk pelayanan LPSE dan http://spse.kaltimprov.go.id merupakan aplikasi SPSE (sistem pengadaan secara elektronik) digunakan khusus untuk aktivitas pelelangan.
“Melalui website pelayanan LPSE diharapkan lebih memudahkan pengguna dalam menggali semua informasi prosedur pelayanan LPSE di Kaltim, terutama informasi berkaitan dengan pengadaan barang/jasa pemerintah,” kata Kepala Biro Bangda Setprov Kaltim Salman Lumoindong usai Rakor LPSE I Wilayah Kaltim di Samarinda, Kamis (26/9).
Sejak  LPSE di lingkup Pemprov Kaltim didirikan pada 2009 terus mengalami peningkatan transaksi pelelangan dari satu paket pengadaan menjadi 121 paket pada 2010 dan tahun 2011 meningkat 818 paket serta tahun 2012 menjadi 1.421 paket dan hingga Agustus 2013 sekitar  1.202 paket.
Selain jumlah paket yang terus meningkat juga jumlah perusahaan yang terdaftar dan terverifikasi mengalami peningkatan yakni hingga Agustus 2013 terdata 9.400 penyedia yang telah terverifikasi baik perusahaan lokal maupun luar Kaltim.
Melihat kondisi ini, maka LPSE Provinsi Kaltim terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan mengembangkan inovasi untuk mempermudah pengguna LPSE. Sehingga, dibuat web pelayanan LPSE menjadi salah satu alat atau media untuk peningkatan pelayanan.
Website digunakan untuk media sosialisasi mengenai prosedur layanan LPSE di Kaltim. Misalnya,  disampaikan prosedur perubahan alamat email perusahaan, perubahan NPWP, permohonan uji forensic maupun pendaftaran perusahaan.
“Website dimanfaatkan pula untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan LPSE Kaltim. Diantaranya, pelatihan aplikasi SPSE dan kegiatan sosialisasi di kabupaten/kota maupun kegiatan yang berkaitan dengan pengadaan barang/jasa,” jelas Salman.
Rapat koordinasi LPSE I Wilayah Kaltim diikuti 150 peserta dari petugas/operator layanan pengadaan sistem elektronik di SKPD lingkup Pemprov dan SKPD kabupaten/kota dihadiri Kepala Sub Direktorat Pembinaan LPSE Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Pusat Slamet Budianto. (yans/hmsprov)

/// Foto: Salman Lumoindong


 

Berita Terkait