Kaltim Nominator Anugerah Kearsipan 2016


SAMARINDA – Tahun ini Kaltim kembali menjadi nominator Anugerah Kearsipan 2016 setelah tahun lalu mampu meraih juara kedua sebagai Lembaga Kearsipan Daerah Terbaik Nasional 2015.

Disebutkan, Direktur Kearsipan Daerah I Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Arneika Hasraf, ada enam daerah yang menjadi nominator wilayah I. Enam nominator itu adalah Kaltim dan Bali, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat serta Nusa Tenggara Timur.  

“Anugerah Kearsipan 2016 merupakan penghargaan yang diberikan ANRI setiap tahun,” kata Arneika Hasraf di sela Sosialisasi Peraturan tentang Pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2019 di Samarinda, Kamis (4/8).

Menurut dia, penghargaan yang diberikan ANRI adalah untuk memotivasi dan mendorong lembaga arsip agar melaksanakan tata kelola arsip yang baik.

Anugerah bidang kearsipan diberikan kepada unit kearsipan seperti Lembaga Kearsipan Daerah (LKD),  Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (LKPT), kementerian/non-kementerian, badan usaha milik negara (BUMN), arsiparis dan pengeola arsip yang berprestasi.

“Kita berharap Kaltim terus meningkatkan tata kelola arsipnya, sehingga tidak menutup kemungkinan mampu meraih prestasi terbaik seperti tahun lalu,” harapnya.

Sementara itu Kepala Badan Arsip Daerah (BAD) Kaltim H Ardiansyah mengemukakan pihaknya terus memberikan pembinaan terhadap sumber daya manusia (SDM) di bidang kearsipan.

“Diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas SDM kearsipan khususnya arsiparis yang kompeten, andal, berdedikasi dan berkinerja baik,” ujar Ardiansyah.

Sosialisasi tentang kearsipan diikuti 100 peserta dari lembaga arsip daerah kabupaten dan kota serta SKPD lingkup Pemprov Kaltim. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation