Kaltim Siap Gelar UN yang Diikuti 171.141 Peserta

SAMARINDA – Sesuai jadwal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap rencana pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada April ini, Kaltim siap untuk melaksanakan,  dengan peserta mencapai 171.141 peserta dari seluruh jenjang pendidikan di daerah ini.


“Kami siap menggelar UN pertengahan April ini dan tidak kurang 171.141 peserta akan mengikuti,  dari seluruh jenjang. Berarti tinggal hitungan hari saja lagi, kami berharap sekolah sudah mempersiapkan para siswa didik,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim usai membuka Rapat Koordinasi Persiapan Ujian Nasional di Aula Disdik Kaltim, Senin (25/2).


Menurut Musyahrim, secara umum pelaksanaan UN tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. Hanya saja perlu dipersiapkan secara matang yakni pola pendistribusian agar saat pelaksanaan semua soal sudah berada di masing-masing satuan pendidikan.


Bahkan guna memperlancar pendistribusian soal-soal hingga ke sekolah di pedalaman dan daerah terpencil, Disdik Kaltim bekerjasama dengan dinas perhubungan kabupaten/kota dan kepolisian termasuk sejumlah biro perjalanan.


Karenanya, sebagai langkah awal pemantapan pelaksanaan, Disdik Kaltim menggelar rapat koordinasi guna penyampaian informasi persiapan baik informasi standar operasional maupun dasar hukum Kemendikbud dan Kemenag tentang pelaksanaan UN.


Kegiatan dihadiri kepala disdik kabupaten/kota dan kantor Kementerian Agama kabupaten/kota termasuk panitia penyelenggara UN di kabupaten/kota, terlebih Universitas Mulawarman sebagai pengawas penyelenggaraan, percetakan soal dan pendistribusian.


“Bersama kabupaten dan kota tentunya kita akan melihat persiapan baik  yang terkait jumlah peserta maupun teknis penyelenggaraan distribusi melalui kesepakatan. Mengingat UN merupakan puncak dari proses pembelajaran satuan pendidikan selama tiga tahun, sekaligus pertanggungjawaban kepada orang tua siswa dalam bentuk hasil akademis,” ungkap Musyahrim.


Sesuai jadwal,  UN akan dimulai pada 15 – 18 April untuk jenjang SMA dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk seluruh program pendidikan (IPA, IPS, Bahasa dan Keagamaan), selajutnya UN Susulan akan dilaksanakan pada 22- 25 April 2013.


Sementara itu untuk masing-masing peserta UN sekolah dasar (SD/MI) 72.393 peserta, SMP/MTs 55.152 peserta  yang terbagi atas sekolah negeri 42.214 siswa pada 535 sekolah dan sekolah swasta 12.938 siswa di 317 sekolah. Sedangkan jejang SMA/MA diikuti 23.184 peserta  dari 352 sekolah serta SMK 20.412 siswa yang terdiri atas sekolah negeri 11.979 siswa pada 76 sekolah dan sekolah swasta 8.433 siswa untuk 121 sekolah.(yans/hmsprov)

////FOTO : H Musyahrim
 

Berita Terkait
Government Public Relation