Kaltim Siap Ikuti Penas Aceh 2017


 

SAMARINDA – Kaltim akan mengikuti Pekan Nasional (Penas) Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV di Provinsi Aceh pada 6-11 Mei 2017.

Keikutsertaan Benua Etam pada perhelatan akbar para pelaku utama (petani/nelayan) sektor pertanian terungkap pada Sosialisasi dan Rakor Persiapan Penas KTNA Aceh 2017 di Ruang Rapat Tepian I Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (22/11).

Untuk even nasional empat tahunan kali ini,  dari 10 kabupaten dan kota tetap mendapat jatah dari panitia pusat (Kelompok KTNA Nasional) sebanyak 1.500 peserta.

Dalam rakor itu, Kepala Biro Ekonomi Setprov Kaltim Nazrin mengatakan Penas ini penting guna menambah jaringan dan kemitraan serta alih teknologi bagi petani dan nelayan.

"Keterbatasan keuangan harus menjadi perhatian. Tanpa mengurangi substansi kesertaan Kaltim pada Penas 2017, namun harus ada langkah bijaksana dalam penganggaran,” katanya saat mewakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan  Setprov Kaltim Ichwansyah.

Menurut dia, Kaltim selama ini selalu berpartisipasi dalam perhelatan itu bahkan pernah menjadi tuan rumah penyelengaraan pada 2011 di Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Sementara itu Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Kaltim H Fuad Asaddin mengemukakan Penas merupakan agenda rutin empat tahunan para petani dan nelayan yang tergabung dalam Kelompok KTNA provinsi maupun kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

“Kali ini ajang pertemuan para petani dan nelayan yang tergabung di kelompok KTNA dan even ini digunakan untuk saling bertukar informasi serta membangun jaringan usaha sesama pelaku utama,” ujar Fuad Asaddin.

Rakor diikuti 75 peserta dan hadir Sekretaris Jenderal Kelompok KTNA Nasional HM Yadi Sofyan Noor serta ketua Kelompok KTNA dan BKPP kabupaten dan kota se-Kaltim. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation