Kaltim Target Rampungkan Pembangunan BTS Akhir Tahun Ini.


SAMARINDA - Pembangunan tower Base Transceiver Station (BTS) atau menara telekomunikasi untuk membuka keterisoliran daerah yang belum terkoneksi jaringan komunikasi,  tengah disiapkan pembangunannya oleh Pemprov Kaltim melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim.

Sedikitnya tiga menara rencananya  dibangun pada dua Kabupaten yakni di Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat dan Kecamatan Busang dan Muara Ancalong di Kabupaten Kutai Timur.

"Kita sudah melakukan survei ke tiga titik lokasi pembangunan menara. Kita bangun menara ini dengan pola kerjasama swakelola bersama TNI Angkatan Darat," kata Kepala Diskominfo Kaltim,  Abdullah Sani yang didampingi Kepala Bidang Pos dan Telekomunikasi Diskominfo Kaltim Atmaji.

Menara telekomunikasi yang secepatnya akan dibangun di dua kabupaten ini diperkirakan akan memiliki ketinggian 72 meter dengan radius mencapai 10 kilometer dan ditargetkan rampung serta bisa dioperasionalkan pada akhir tahun ini.

"Anggaran sudah disiapkan, TNI Angkatan Darat yang akan merangkai dalam waktu penyelesaiannya tiga hingga empat bulan. Namun, kita estimasikan hingga akhir tahun sudah bisa dioperasionalkan," katanya.

Selain itu,  akan dibangun di Kabupaten Mahulu dan Berau, Atmaji menyampaikan untuk Kabupaten Mahulu pembangunan menaranya dilakukan tahun ini juga melalui anggaran dari Pemkab Mahulu. Sedangkan, untuk kabupaten berau, anggaranya melalui Bantuan Keuangan Provinsi Kaltim.

"Ada enam  titik yang akan dibangun di Mahulu dan satu titik di Kabupaten Berau. Yang jelas, kami akan terus berupaya agar seluruh daerah di Kaltim bisa terkoneksi jaringan komunikasi," katanya. (rus/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation