Kaltim Terus Fokus Pada Peningkatkan Kualitas SDM

Kaltim Terus Fokus Pada Peningkatkan Kualitas SDM

 

SAMARINDA – Sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan kompeten serta berdaya saing tinggi sangat diperlukan dalam upaya membangun daerah serta mengelola sumber daya alam yang lebih maksimal guna kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat.

"Sejak awal kepemimpinan pada periode pertama lalu, saya telah menetapkan program pembangunan SDM berkualitas melalui sektor pendidikan dan fokus untuk melaksanakan," kata Gubernur Awang Faroek Ishak, baru-baru ini.

Dukungan dan komitmen pada pengembangan sektor pendidikan itu menurut Gubernur, dibuktikan dengan penyaluran bantuan biaya pendidikan berupa Beasiswa Kaltim Cemerlang yang diberikan kepada pelajar dari jenjang pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Bahkan, bantuan stimulan maupun beasiswa yang rutin diberikan setiap tahun tidak kurang dari 30 ribu penerima pada periode 2009-2013 dan telah dilanjutkan untuk periode 2013-2018 menjadi 50 ribu penerima bagi masyarakat Kaltim.

Bantuan biaya pendidikan dalam bentuk Beasiswa Kaltim Cemerlang diberikan untuk semua jenjang pendidikan baik umum maupun pendidikan agama dan penerimanya para siswa maupun mahasiswa yang menjalani pendidikan di dalam maupun luar daerah bahkan luar negeri.

"Beasiswa yang kami berikan setiap tahun selalu melebihi target. Beasiswa diberikan kepada pelajar sekolah negeri maupun swasta dan keagamaan dirasakan sangat bermanfaat terutama mengurangi beban biaya pendidikan," jelas Awang.

Selain itu, program beasiswa ini sebagai upaya pemerintah menciptakan sumber daya manusia yang lebih berdaya saing yang mampu berkompetisi dalam era global dan persaingan pasar bebas ini.

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan kualitas masyarakat sehingga menjadikan Kaltim sebagai daerah yang memiliki generasi berdaya saing tinggi yang mampu mengeloa kekayaan alam lebih maksimal.

"Kaltim ini dikenal memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah dengan berbagai kekayaannya. Namun, keterbatasan kemampuan dan kualitas SDM sehingga pengelolaannya belum maksimal. Ke depan diharapkan lebih bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat," harap Awang.

Gubernur menambahkan kegiatan eksploitasi sumber daya alam yang besar-besaran saat ini harus dimanfaatkan dan memberikan imbas yang positif khususnya bagi peningkatan kualitas SDM Kaltim yang lebih berdaya saing.

"Kami tidak ingin seperti daerah lain. Dimana saat sumber daya alam habis hanya meninggalkan kerusakan lingkungan yang parah dengan kesengsaraan bagi rakyatnya. Kaltim harus lebih baik dalam pengelolaan lingkungan dan memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan daerah demi kesejahteraan rakyat," ungkap Awang Faroek Ishak. (yans/sul/es/hmsprov)

 

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menyerahkan beasiswa kepada sejumlah pelajar dan mahasiswa beberapa waktu lalu.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait