Kaltim Tuan Rumah Porkesremen dan Jamnas Keswa 2015

SAMARINDA – Tahun ini Kaltim ditetapkan sebagai tuan rumah pekan olahraga dan kesenian rehabilitasi mental (Porkesremen) dan Jambore Nasional Kesehatan Jiwa V yang akan digelar pada 30 September hingga 3 Oktober 2015.

“Perhelatan tahunan kali ini kita dipercaya menjadi tuan rumah Porkesremen dan Jamnas Keswa V. Kegiatan dipusatkan di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda,” kata Kepala Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam Samarinda Hj Fadilah Manteruna didampingi Sekretaris Pelaksana H Bero Utomo, Senin (21/9).

Porkesremen dan Jamnas Keswa merupakan momentum sekaligus bagian menghormati hak-hak orang dengan masalah kejiwaan dengan cara memperluas program kesehatan jiwa dan mendekatkan akses bagi mereka yang membutuhkan pelayanan dan penanganan.

Dalam ajang Porkesremen dan Jamnas Keswa akan  digelar berbagai lomba dan pertandingan olahraga bagi rehabilitant (penderita gangguan jiwa yang sudah direhabilitasi), pentas seni budaya serta pameran hasil karya rehabilitant.

Pekan olahraga juga dirangkai serta diisi dengan workshop ilmiah (seminar dan konsultasi kesehatan jiwa)  serta sidang organisasi Arsawakoi (Asosiasi Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Indonesia) yang akan diikuti pengelola rumah sakit dari 24 provinsi.

Menurut dia, Porkesremen dan Jamnas Keswa merupakan salah satu cara dan upaya mempromosikan kesehatan jiwa bagi masyarakat melalui peningkatan pemahaman keswa sesuai budaya dan kondisi daerah (kearifan lokal).

Selain itu, Porkesremen dan Jamnas Keswa V juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang keswa sehingga bisa mencegah dan mendeteksi adanya gangguan jiwa secara dini.

Dia menyebutkan Porkesremen akan melombakan olahraga futsal, bola volley, tenis meja dan tenis lapangan, catur dan bulutangkis. Termasuk eksebisi dan fun game serta pentas seni tari budaya daerah.

Jamnas Keswa V akan diisi dengan kegiatan senam massal rehabilitant dan pendampingan, lomba kerohanian khusus rehabilitant (azan, ceramah agama dan baca puisi religi) serta pengembangan bakat (rehabilitant idol).

“Pekan olahraga bagi rehabilitant ini akan dibuka secara resmi oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan dihadiri Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek. Sementara atlet yang berlaga sekitar 500 orang,” ujar Fadilah Manteruna. (yans/sul/es/adv).

////Foto: Penampilan rehabilitant asal Kaltim pada ajang Pekan Olahraga dan Kesenian Kesehatan dan Rehabilitasi Mental  serta  Jambore Nasional Kesehatan Jiwa  di Lawang Jawa Timur tahun 2014.(ist).

Berita Terkait