Kalimantan Timur
Kaltim Tuan Rumah Pra Munas APPSI. Gubernur Isran Menegaskan Asosiasi Fasilitasi Kepentingan Daerah

Pembukaan Pra Musyawarah Nasional (Munas) VI APPSI Tahun 2019 di Ballroom Hotel Grand Senyiur Balikpapan (yayan/humasprovkaltim)

BALIKPAPAN - Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) memiliki peran yang sangat penting dalam menyampaikan kepentingan daerah untuk bersama-sama difasilitasi ke pemerintah pusat.

Menurut Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor banyak kebijakan pemerintah daerah yang belum masuk dalam program-program pemerintah pusat. Padahal, sangat bethubungan dengan pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

"Melalui asosiasi inilah difasilitasi dan dibahas bahkan disampaikan kepada pemerintah pusat," katanya pada pembukaan Pra Musyawarah Nasional (Munas) VI APPSI Tahun 2019 di Ballroom Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Rabu (28/8/2019).

Mantan Ketua Umum APKASI ini sangat berharap APPSI bisa berperan maksimal dalam menyuarakan otonomi daerah. Khususnya terkait kebijakan dan kewenangan daerah yang harus diperhatikan dan diprioritaskan pemerintah pusat.

"Semoga saja asosiasi ini bisa memainkan perannya secara maksimal. Terutama memperjuangkan program-program pembangunan dalam pemerintahan," ungkap Isran Noor.

Sementara Ketua Umum Dewan Pengurus APPSI Longki Djanggola mengemukakan Pra Munas merupakan tahapan kegiatan mempersiapkan pelaksanaan Munas VI APPSI yang akan dilangsungkan di DKI Jakarta pada November mendatang.

"Pra Munas ini kita membahas tema dan materi apa saja yang disampaikan pada Munas nanti. Termasuk laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2015-2019," ujar Longki.

Terpenting lanjut Longki, Munas VI juga akan dilaksanakan pemilihan Ketua Umum APPSI periode 2019-2023 dan salah satu kandidat ketua adalah Gubernur Kaltim Isran Noor.

Pra Munas dilaksanakan selama tiga hari (28-30 Agustus) diikuti 86 peserta terdiri asisten pemerintahan dan kepala biro/kepala bagian/kasubbag pemerintahan di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Hadir Dewan Pakar APPSI, Prof Ryaas Rasyid (Ketua) dan anggota Prof Muchlis Hamdi dan Prof Bahtiar Effendy. Tampak hadir Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejagteraan Rakyat Setprov Kaltim HM Jauhar Efendi, Walikota Balikpapan H Rizal Effendi, Bupati Kutai Kartanegara H Edi Damansyah dan Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud, jajaran Forkopimda Kaltim dan pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kaltim.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait