Kebebasan Pers di Kaltim Semakin Baik

SAMARINDA - Tokoh Pers Nasional  Sabam Leo Batubara  mendukung  langkah Pemprov Kaltim  melalui Biro Humas dan Protokol menggelar  Uji Kompetensi Wartawan (UKW).  
"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov kepada insan pers di daerah ini. Langkah ini perlu kita dukung untuk  mengetahui tingkat  intelektualitas para wartawan serta mencharger   para wartawan agar segar kembali  menjalankan tugas  agar lebih berkulitas," kata Leo Batubara usai Sosialisasi Peraturan Dewan Pers di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur, Selasa (28/5).
Menurutnya kebebasan pers di Kaltim sekarang ini sudah semakin baik. Dukungan dan perhatian Pemprov Kaltim pun dinilai sangat baik. Terbukti dari dua kali penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar dengan fasilitasi Pemprov Kaltim.
Setelah kegiatan ini diharapkan para wartawan  semakin cerdas dan semakin indah saat menulis.  "Sertifikasi wartawan sangat penting, agar melahirkan pemberitaan yang berkualitas, profesional dan menjunjung etika jurnalistik," tegasnya.
Leo mengingatkan agar pers di kaltim tampil sebagai pers yang atraktif dengan isi berita yang mencerahkan yang membuat masyarakat semakin cerdas juga layak dipercaya.
"Indikator media yang kompeten  adalah media yang dipercaya rakyat dengan tampilan  atraktif serta memberi pencerahan kepada pembaca," ujarnya.
Penyelenggaraan UKW  dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalitas wartawan yang akan berdampak luas dan bermanfaat bagi perusahaan pers melalui kinerja wartawan, serta mampu menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual.
"Penyalahgunaan profesi wartawan dapat dihindari. Dan manfaat lainnya dari penyelenggaraan UKW itu adalah menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers. Profesi wartawan ke depan harus bermartabat dan terhormat," ujarnya. (sar/hmsprov).

///Foto : Sabam Leo Batubara

 

Berita Terkait
Government Public Relation