Kedubes AS Jajaki Kerjasama Pendidikan di Kaltim

SAMARINDA - Pemprov Kaltim menyambut baik kunjungan Tim Regional Liaison Officer (RLO) yang merupakan tim bentukan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat pada Senin (25/1) kemarin dalam rangka menjalin silahturahmi dan kerjasama pada masa datang.

"Ini adalah kunjungan mereka (RLO) yang pertama ke Kaltim sebagai wujud perkenalan dan menjalin silahturahmi sekaligus melakukan penjajakan dan inventarisasi apa-apa yang bisa disinkronkan atau dikerjasamakan antara program-program Kedubes dengan program pembangunan di Kaltim," kata Asisten III bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Katim Bere Ali usai menerima kunjungan tim RLO di Kantor Gubernur Kaltim pada Senin (25/1) kemarin.

Tim RLO yang datang ke Kaltim adalah tim yang dibentuk oleh kedubes AS untuk mengenal lebih jauh daerah di Kaltim serta budaya Kaltim dan menjalin kontak dengan lembaga pemerintahan, Pendidikan dan perusahaan yang ada di wilayah Kaltim yang nantinya bisa diajak untuk bekerjasama terkait pembangunan di Kaltim

"Dalam pertemuan dengan RLO, kami hanya berbagi informasi kerjasama terkait pendidikan di Kaltim seperti kerjasama beasiswa mahasiswa yang belajar di AS, pertukaran pelajar dan mahasiswa hingga kerjasama adanya relawan dari AS untuk memberikan pelajaran bahasa asing (Inggris) di Kaltim,” katanya.

Pertemuan ini merupakan awal,  yang nantinya diharapkan bisa dikerjasamakan dengan tim RLO. Pihak RLO siap memberikan bimbingan arahan terhadap keinginan dari anak-anak dari Pemprov Kaltim yang ingin belajar di Amerika.

Sementara itu, Perwakilan dari tim RLO Kedubes AS, Edward Dunn menyampaikan bahwa tim RLO akan menindaklanjuti dengan apa yang telah diinformasikan oleh jajaran dari Pemprov Kaltim dalam pertemuan kali pertamanya di daerah ini.

"Ini pertama kali bisa bertemu dan kami sudah memiliki banyak informasi terkait beberapa program yang ada di Kaltim. Karena itu, kami ingin mencari kesempatan untuk dapat bekerjasama dengan Pemprov Kaltim dan lembaga pendidikan yang ada diwilayah Kaltim. Kami berharap, usai pertemuan ini dapat selalu dilakukan koordinasi agar kedepan bisa dilanjutkan dengan kerjasama," katanya. (rus/sul/es/humasprov).

Berita Terkait
Government Public Relation