Kegiatan Kepramukaan Perkuat Gerakan Nasional Revolusi Mental


 

SAMARINDA – Berbagai kegiatan kepramukaan merupakan media atau sarana untuk pembentukan karakter generasi bangsa dalam mendukung percepatan revolusi mental yang menjadi agenda besar pemerintah.

Hal itu ditegaskan Sekretaris Provinsi Kaltim Rusmadi yang juga Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kaltim pada Malam Ramah Tamah Temu Nasional Purna Aktivis dan Dewan Kerja (PADK) Pramuka di Rumah Jabatan Sekprov Kaltim, Sabtu (15/10).

Menurut dia, masyarakat menilai Gerakan Pramuka masih belum mampu mengakselerasi kebutuhan dalam pembinaan generasi muda. “Karenanya, sudah saatnya Gerakan Pramuka harus berbenah diri. Sebagai wadah pembentukan karakter generasi bangsa, dengan langkah strategis membangun keharmonisan, kerukunan dan kesetiakawanan bahkan kasih sayang,” katanya.

Nilai-nilai yang terkandung dan tertanam dalam kepramukaan seperti berani dan setia, cinta terhadap alam dan lingkungan serta taqwa kepada Tuhan dan bertanggungjawab dalam melaksanakan setiap kewajibannya.

Hal itu menurut dia, merupakan modal dasar pembentukan karakter atau pembentukan prilaku dan ketangguhan mental (revolusi mental). Tugas Gerakan Pramuka saat ini adalah mampu menggalang sikap dan semangat persaudaraan dan persahabatan diantara sesama sebagai bekal memupuk jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal memiliki peran yang sangat strategis dalam pembentukan karakter generasi penerus sejak usia dini. Rusmadi berharap seluruh pemangku kepentingan di daerah untuk kembali menghidupkan dan mengaktifkan gugus depan (Gudep) yang ada di setiap satuan pendidikan dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga SMA bahkan perguruan tinggi.

“Pertemuan anggota PADK ini diharapkan mampu melahirkan ide sekaligus masukan bagi kwartir nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan non formal yang menjawab kebutuhan pembinaan karakter atau revolusi mental bagi generasi penerus,” harap Rusmadi.

Malam ramah tamah dihadiri seluruh peserta Tenas PADK Gerakan Pramuka sebanyak 300 orang dari seluruh Indonesia serta jajaran Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait