Kalimantan Timur
Kepala Daerah Diminta Maksimalkan PIN Polio

SAMARINDA- Fungsional Efidemiologi Sub Bidang Imunisasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Syafriyal SKM.MKes mengharapkan agar pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang akan digelar mulai 8-15 Maret 2016, khususnya di wilayah Kaltim dapat berjalan sukses dan lancar.

Sehingga apa targetkan bisa tercapai minimal 95 persen dari jumlah sasaran Balita di Kaltim bisa mendapat tambahan  imunisasi vaksin polio yang terakhir, dan diharapkan penyakit polio ini sudah hilang, dan tidak lagi melaksanakan PIN Polio, walaupun demikian tetap melaksanakan imunisasi rutin,  dan benar-benar penyakit polio sudah hilang (dieradikasi) oleh dunia.  

Oleh karena itu diminta kepada kepala daerah, bisa memaksimalkan pelaksanaannya  karena  merupakan tanggungjawab utama dari kabupaten/kota,  mulai teknis sampai kepada dukungan operasional anggaranya, baik yang  bersumber dari APBD murni maupun dari dana hibah.

"Dan saat ini  Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik untuk pelaksanan PIN Polio 2016 sudah ada, tinggal didukung dan didorong pemerintah  kabupaten/kota, hal itu sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri yang disampaikan kepada Gubernur maupun bupati/walikota untuk penggunaan DAK tersebut,"kata Syafriyal.

Guna menyukseskan program PIN Polio 2016, Syahriyal meminta kepada lapisan masyarakat khususnya para  ibu-ibu yang memiliki balita, kiranya bisa datang ke Posyandu  atau pos pelayanan kesehatan lainnya untuk mendapat imunisasi polio.

PIN Polio merupakan pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya, yang bertujuan untuk mengurangi  resiko penularan vieus polio yang datang dari negara lain.

"Selain itu juga untuk memastikan tingkat kekebalan  masyarakat terhadap penyikit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada Balita terhadap kemungkinan  munculnya kasus polio,"ujarnya. 

PIN Polio  di Provinsi Kaltim siap dilaksanakan di 10 kabupaten/kota dengan data sasaran 338.759, usia 0-59 bulan, sementara Pos PIN 4.609 Pos Palayanan. Saat ini sudah dipersiapkan  vaksin polio  sebanyak 20.320 vial (1 vial bisa dipergunakan untuk 17 balita) dan sebagian sudah didistribusikan ke kabupaten/kota.(mar/hmsprov)

Berita Terkait