Kepatuhan Kunci Sukses Lawan Covid-19, Pasien Sembuh di Kaltim Sudah Capai 210 Kasus

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad  Ishak, kembali mengingatkan agar masyarakat terhindar dari  penularan Covid-19, maka kunci utamanya adalah kepatuhan menjalankan protokol  kesehatan.

"Dengan kapatuhan  maka kita akan terlindungi dari Covid-19,  dan  perubahan paradigma hidup seperti ini, maka kita bisa  aktif untuk kemudian produktif. Karena itu persyaratan mutlak bahwa  kita harus aman, dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata Andi Andi kepada  media massa saat memberikan keterangan perkembangan Covid-19 di  Kaltin  melalui Video Conference, Ahad (7/6).

Sehubungan dengan itu dia juga mengingatkan, jika saat ini masih saja terjadi penularan Covid-19 walaupun jumlahnya  tidak terlalu meningkat. Hal ini menunjukkan di daerah Kaltim penularan Covid-19  masih mengancam. Maka dari itu masyarakat jangan berasumsi kalau kondisi saat ini sudah aman, tetapi tetap waspada. 

Mengenai perkembangan Covid-29 di Kaltim per  Ahad 7 Juni 2020 disebutkan; untuk Orang Dalam Pemantauan  (ODP)  ada peningkatan 116 kasus sehingga berjumlah 10.829 kasus.  Selesai dalam pemantauan sebanyak 145 kasus sehingga total sebanyak 10.463 kasus, sedangkan yang masih dalam proses pemantauan  berjumlah 336 kasus.

Kasus terkonfirmasi positif ada penambahan 2 kasus yakni keduanya dari Kabupaten Berau sehingga total positif sebanyak 329 kasus. Sementara untuk yang sembuh ada penambahan 4 kasus yaitu dari Balikpapan 2 dan  Samarinda 2, sehingga total yang sembuh  sebanyak 210 kasus, dan yang meninggal dunia tetap 3 kasus.

Melihat data yang ada lanjut Andi Ishak, berarti daerah-daerah di Kaltim masih belum begitu aman dari penularan Covid-19. "Oleh karena itu, kewaspadaan harus terus dilakulan dengan tetap patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan,” tegasnya. (mar/ri/ humasprovkaltim)

Berita Terkait